Giat Sore Di Posyandu Flamboyan

15 Oktober 2021
Dibaca 163 Kali
Giat Sore Di Posyandu Flamboyan

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan gunamemberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Oleh karena hal tersebut Posyandu memiliki tugas dan peran yang besar. Diperlukan adanya semangat rela dan pantang menyerah. Sebab pelaksanaan tugas rutin harus dilaksanakan secara berkesinambungan. Peran serta kader dan dukungan penuh dari Pemerintah Desa Kedungmaling saat ini menjadi salah satu modal kuat untuk ‘hidupnya’ kegiatan Posyandu. Sebagaimana yang telah dilakukan pada Rabu (13/10) sore kemarin.

Bertempat di Posyandu Flamboyan RW 08 (RT 20) telah dilaksanakan kegiatan rutin tersebut. 5 orang kader yang terdiri dari Sri Firnaningsih, Masruroh, Dwi Alfiati, Nur Habibah, Li Uliyah, dengan sigap melayani 43 ibu dan balita, ibu hamil, serta Pasangan Usia Subur (PUS). Turut hadir pula Nur Afidah Bidan mendampingi para kader dalam memberikan layanan serta konsultasi. Beliau tampak begitu enerjik dan bersemangat melihat antusiasme kader dan warga.

Posyandu balita kali ini bertujuan untuk memantau tumbuh kembang balita dengan pencatatan d KMS pelayanan kesehatan, pelayanan imunisasi, penyuluhan gizi dan pemberian vitamin, untuk balita dan ibu serta pemberian biskuit.

Alhamdulillah kegiatan yang diawali jam 15.00 ini berakhir jam 17.00 WIB sesuai dengan yang direncanakan. Harapan ke depannya, semakin banyak warga yang sadar keluarga. Bahwa menciptakan keluarga sehat dengan pencegahan stunting merupakan tanggungjawab keluarga sepenuhnya. Pemerintah lewat Posyandu sekadar memberikan dorongan agar nantinya balita serta anak-anak akan menjadi generasi yang cerdas.

(SF)