Rapat Persiapan Distribusi Zakat UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling

12 April 2023
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 136 Kali
Rapat Persiapan Distribusi Zakat UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling

Hujan masih saja deras di luar. Namun hal itu tak mengurangi semangat para  undangan untuk hadir. Di pendopo Hatmo Diharjo Rabu (12/4) malam ini diselenggarakan Rapat Persiapan Distribusi Zakat UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling. Para Ketua RT/RW dan utusan takmir masjid dan mushola yang hadir.

Sekitar jam 20.10 WIB rapat pun dibuka oleh Sekretaris UPZ, Abdul Hamid. Beliau menyampaikan  tujuan rapat kali ini. Sekaligus menyampaikan laporan singkat pelaksaan pendistribusian zakat tahun 2022 kemarin.

Selanjutnya sambutan pengantar oleh Edy Prabowo Kades yang menyampaikan beberapa hal diantaranya:

  1. UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling yang sudah 3 tahun berjalan diharapkan dapat lebih optimal lagi pelaksanaannya di tahun ini.
  2. Rasa bangga kepada seluruh takmir juga Ketua RT/RW. Dapat bersinergi melaksnakan kegiatan pengumpulan sekaligus pendistribusian zakat sehingga bisa berlangsung dengan tertib dan lancar.
  3. Baldatun thoyyibatun wa Rabbun Ghafur  menjadi harapan sekaligus cita-cita dengan kehadiran UPZ di Desa Kedungmaling.

Sementara itu Gus Ihsan selaku Ketua UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling memberikan beberapa arahan diantaranya:

  1. SK Pengurus/Amil untuk takmir masjid/mushola berlaku untuk 5 tahun. Bila ada pergantian pengurus harap segera menghubungi Sekretaris UPZ untuk dibuatkan SK yang baru.
  2. Untuk pelaksanaan kegiatan pengumpulan serta pendistribusian zakat sepenuhnya diserahkan kepada amil takmir masjid/mushola. UPZ hanya menerima laporan terkini dari kegiatan tersebut. Selanjutnya oleh UPZ akan direkap dan dilaporkan kepada BAZNAS Kabupaten Mojokerto.
  3. Sementara untuk zakat mal, infak, dan sedekah bisa ditangani oleh amil setempat, atau melalui UPZ untuk didistribusikan secara proporsional.
  4. Penentuan siapa yang berhak menerima zakat (mustahik) hendaknya dapat dimusyawarkan bersama Ketua RT/RW, sehingga tidak ada yang merasa tidak diperhatikan.

Setelah Gus Ihsan menyampaikan arahannya, beberapa orang peserta pun menyampaikan pertanyaan-pertanyaan seputar hak dan kewajiban muzaki, cara pendistribusian, hingga pelaporannya. Ini berlangsung dengan cukup dinamis.

Alhamdulillah sebelum acara ditutup, Edy Prabowo Kades menyampaikan kabar gembira. Bahwa ada sekitar 600 KPM di Desa Kedungmaling akan menerima bantuan beras 10 kg. InsyaAllah akan didistribusikan pada Senin (17/4). Sebab berita terakhir, beras akan  sampai di desa pada Ahad (16/4). Beliau menekankan jika apapun kondisi beras yang diterima hendaknya masyarakat tetap bersyukur bahwa mereka telah mendapat bantuan.

Sekitar jam 22.00 WIB acara ditutup dengan doa oleh Gus Syamsuddin. Harapan agar pelaksanaan kegiatan seluruh amil masjid/mushola dapat berlangsung dengan lancar dan tak banyak kendala.