Pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW PKK Desa Kedungmaling

30 Oktober 2021
Dibaca 158 Kali
Pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW PKK Desa Kedungmaling

Alhamdulillah untuk yang ke-2 kalinya Pokja 1 TP PKK Desa Kedungmaling telah melaksanakan kegiatan pengajian di tahun 2021. Menjadi begitu spesial di Jumat (29/10) siang sebab menampati gedung ruang pelayanan Pemdes Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto yang ‘belum diresmikan’. Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi jamaah pengajian ‘Thoriqul Jannah’.

Mengingat keterbatasan tempat dan masih adanya PPKM di Kab. Mojokerto, maka undangan sangat terbatas. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Siti Kusniati Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kedungmaling. Namun demikian tak mengurangi kehikamatan acara dari awal hingga akhir. Acara yang diawali sejak jam 13.00 WIB dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan secara bergantian hingga jam 14.00.

Memasuki acara utama dibuka dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Ketua Ranting 3 Muslimat NU Kedungmaling. Berikutnya disambung dengan sambutan dari Siti Kusniati. Rasa bangga dan syukur bahwa bisa ‘nganyari’ kantor baru. Disamping penjelasan tentang jumlah peserta yang diundang.

Sambutan ke-2 disampaikan oleh Edy Prabowo Kades. Beliau menyampaikan bahwa gedung pelayanan belum 100% selesai. Namun sebagai wujud rasa syukur dan penghormatan terhadap ibu-ibu untuk pertama kalinya ruangan ini dimanfaatkan. Ke depannya diharapkan bahwa pelayanan administrasi Pemdes Kedungmaling akan bertambah baik seiring dengan gedung baru ini.

Sebagai penutup kegiatan adalah ceramah agama yang disampaikan oleh KH. Nasrullah (Gus Nas). Dalam ceramahnya beliau menyinggung tentang eksistensi ibu sebagai seorang pendidik. Contoh-contoh kebaikan sangat diperlukan dalam pembentukan kepribadian keluarga. Termasuk dalam 4 hal yang perlu diacatat diantaranya:

  1. Menghormati keberagaman untuk mewujudkan satu tujuan baik.
  2. Kefakiran dekat dengan kekufuran. Oleh karena itu sebagai muslim wajib untuk berusaha bekerja keras.
  3. Pada umumnya orang kaya itu sedikit yang bersyukur. Menghargai serta menyantuni orang lain menjadi perwujudan rasa syukur yang wajib dipupuk.
  4. Menyemaikan benih-benih kasih sayang kepada semua mahluk (orang) agar bisa bersama berkumpul (karena kebaikan itu) di dunia dan akhirat.

Tepat jam 15.30 WIB acara pun usai. Langsung disambut dengan hujan deras. Berdoa semoga hujan deras ini merupakan ungkapan doa yang diijabah. Bahwa kegiatan dan gedung yang baru ini membawa keberkahan bagi semua warga Desa Kedungmaling.

.