Giat Posyandu Lansia 'Nyiur Kelapa' Desa Kedungmaling Februari 2022

26 Februari 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 158 Kali
Giat Posyandu Lansia 'Nyiur Kelapa' Desa Kedungmaling Februari 2022

 

Kali ke-dua di tahun 2022 ini. Pelaksanaan Posyandu Lansia ‘Nyiur Kelapa’ dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Kedungmaling, Sabtu (26/2). 5 orang kader Posyandu Lansia yang didukung penuh kader Posyandu Balita telah bersiap sejak jam 07.30 WIB. Sebab sebagaimana pelaksanaan sebelumnya, akan didahului dengan pemeriksaan kesehatan umum kepada para Lansia.

 

Pelaksanaan kegiatan kali ini juga didukung penuh dari Pemdes Kedungmaling, TP PKK Desa Kedungmaling, UPT Puskesmas Sooko (dr. Georgina Tina dan Nur Afidah Bidan) serta Penyuluh BKKBN Kec. Sooko Dwi Risqiyatin. Cukup istimewa kali ini sebab setelah kegiatan utama, dilaksnakan juga pemeriksaan serta konsultasi kesehatan bersama dr. Tina.

Jam 09.00 WIB tepat kegiatan dimulai. Edy Prabowo Kades menyampaikan 2 catatan pentingnya yaitu:

  1. Semangat luar biasa yang ditunjukkan para Lansia yang hadir menandakan adanya gairah untuk mendukung upaya Pemdes Kedungmaling. Bina Keluarga Lansia (BKL) yang selama ini ‘mati suri’ menjadi perhatian pemerintahan desa. Sebab kondisi Lansia harus diperhatikan kondisi kesejahteraan maupun kesehatannya. Diharapkan mereka tak merasa disisihkan keberadaannya. Oleh karena itu berbagai aktivitas di Posyandu Lansia diharapkan menumbuhkan semangat hidup dan menyambung silaturrahim.
  2. Diharapkan ke depannya para Lansia bisa saling mengajak teman untuk memanfaatkan keberadaan Posyandu Lansia yang diadakan sebulan sekali.

 

Sementara itu Hj. Siti Kusniati selaku Ketua TP PKK Desa Kedungmaling menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran para Lansia. Dengan kesadaran yang tinggi dan penuh semangat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Posyandu Lansia.

Kesempatan berikutnya disampaikan secara bergantian oleh Nur Afidah dan Dwi Risqiyatin. Menyampaikan beberapa hal tentang bagaimana seharusnya menjadi ‘Lansia Tanggguh’ dan bagaimana mengontrol perkembangan kesehatan lewat Kartu KMS Lansia yang telah dipegang oleh masing-masing Lansia. Dengan KMS ini dapat dipantau perkembangan kesehatannya.

Dan yang menarik berikutnya adalah semua peserta, kader, dan para nara sumber bersama-sama mengikuti Senam (Persendian untuk) Lansia. Sekitar 8 menit semua hadirin begitu bersemangat. Hingga tak terasa keringat pun bercucuran. Terlihat ekspresi lelah ditingkah kelucuan seusai senam dilaksanakan.

 

Alhamdulillah kegiatan yang diikuti oleh sekitar 60-an Lansia ini berlangsung dengan lancar. Dimana di meja konsultasi kesehatan, Nur Afidah Bidan bersama dr. Tina dengan telaten melayani konsultasi kesehatan para peserta. Tepat jam 11.45 WIB seluruh rangkaian kegiatan pun usai dilaksanakan.

 

<!-- [if gte mso 9]><xml> </xml><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><xml> </xml> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} </style>