Sosialisasi di Banjarsono

30 November 2023
EDY PRABOWO
Dibaca 28 Kali
Sosialisasi di Banjarsono

Malam hari selepas Isya' pada hari Rabu (29/11/2023) bertempat di rumah Bpk. Ach. Purwanto, Ketua RW 01 Ds. Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto berkumpul Ketua RT 01 dan 02 bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga serta Pemdes dan TPK Ds. Kedungmaling.

Acara tersebut diselenggarakan guna sosialisasi rencana Pembangunan Gapuro RW I, Dusun Banjarsono sebagai tindak lanjut hasil Musrembangdes Tahun 2022 yang telah dituangkan dalam APBdes Tahun 2023, sekaligus pemberian beberapa informasi yang perlu diketahui dan dilaksanakan oleh warga.

Polo Yuli, Ketua TPK menyampaikan dalam acara tersebut bahwa "Jumlah anggaran untuk pembangunan Gapuro ini sebesar Rp. 45 juta dengan estimasi waktu pengerjaan selama 20 hari dengan pekerja 2 orang tukang dan 4 orang kuli dan diharapkan pekerja dimaksud dari warga RW 1 sendiri".

Sementara itu Eko Prasetyo, Sekdes Kedungmaling menambahkan bahwa Gapuro yang baru nanti dibangun disebelah utara Gapuro yang lama, dengan ukuran lebar pondasi 1 meter, tiang 80 cm, tinggi 5,5 meter dan lebar (rong) 5,5 meter dan diharapkan warga untuk kerja bhakti untuk menebang pohon yang berada dititik penggalian pondasi. Dengan gotong royong diharapkan rasa memilki atas bangunan yang nantinya dibangun semakin menebal dan menjadi kebanggan bersama.

Dalam kesempatan tersebut Edy Prabowo, Kepala Desa menyampaikan bahwa ada 3 informasi yang perlu diketahui warga karena nantinya juga melibatkan dan dilaksanakan bersama-sama.

Pertama adalah tentang telah diberlakukannya Perdes tentang Pengelolaan Sampah dengan ketentuan turunannya, maka setiap warga harus mematuhi dan melaksanakannya.

Informasi kedua adalah pembangunan Masjid Al-Muhajirin yang sudah menginjak tahun ke-3 namun belum tuntas telah mendapat bantuan dari Pemkab Mojokerto atas pokir Hj. Setia Pudji Lestari sebesar Rp. 100 juta, agar segera dibicarakan oleh segenap Panitia untuk perencanaan dan pelaksanaannya agar sebelum tanggal 31 Desember 2023 dapat diselesaikan termasuk pertanggung jawabannya.

Sedangkan informasi ketiga adalah tentang keterlibatan warga dan Pemdes melalui Ketua RT dan RW dalam rangka mensukseskan ikon religi Desa Kedungmaling yaitu Haul Jam'ul Jawami' yang ke 57 tahun. "Untuk warga RW I dan Perum Grand Kencana 1,2 dan 3 bentuk partisipasinya adalah memberikan bantuan nasi bungkus per somah 3 bungkus besok pada tanggal 27 Desember 2023 yang dikumpulkan di rumah Ketua RT/RW sebelum Maghrib" pungkas Edy. (ed).