Peternakan Maggot

18 Desember 2023
EDY PRABOWO
Dibaca 127 Kali
Peternakan Maggot

Guna mewujudkan kawasan lokasi TPS3R Senyum menjadi kawasan ekonomi yang mampu membuka lapangan kerja baru dan diharapkan menjadi Pendapatan Asli Desa dimasa yang akan datang, pada hari ini Senin (18/12/23) dimulai pembangunan kandang peternakan maggot.

Seperti biasanya sebelum dimulainya pembangunan di Desa Kedungmaling, maka diawali dengan memanjatkan do'a agar dalam proses pembangunan senantiasa mendapatkan petunjuk, kemudahan serta ridho-Nya.

Peternakan maggot sendiri, merupakan upaya untuk memaksimalkan pengelolaan sampah di TPS3R dengan memanfaatkan sampah organik sebagai pakan maggot ditambah dengan bahan lain. Kecuali sebagai bahan pakan maggot sampah organik juga akan diolah sebagai kompos/media tanam dan bila uji laboratorium yang saat ini sedang dilakukan dan hasilnya nanti kandungan kalorinya dianggap memenuhi syarat, maka sampak organik juga akan dioleh menjadi briket bahan bakar.

"Peternakan maggot mempunyai prospek bisnis yang cukup bagus, dan kita telah menjajagi kerjasama dengan pihak yang akan menampung hasil produksi maggot yang sekarang mulai dibangun kandangnya. Dalam pelaksanaannya nanti kita minta bimbingan dan arahan dari warga desa Kedungmaling sendiri yang sudah bisa kita anggap sebagai pakar maggot yaitu Mas Imam Solihun, RT 18" ujar Edy Prabowo, Kades Kedungmaling.