Khofifah Gubernur Jawa Timur Sidak Di Pasar Kedungmaling Mojokerto

03 April 2023
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 111 Kali
Khofifah Gubernur Jawa Timur Sidak Di Pasar Kedungmaling Mojokerto

Membuka bulan April 2023, Pasar Kedungmaling Kec. Sooko Kab. Mojokerto mendapat kunjungan mendadak dari Hj. Khofifah Indarparawansa Gubernur Jawa Timur. Ini merupakan kunjungan pertama kalinya sejak Pasar Kedungmaling (relokasi) diresmikan pada tahun 2019 yang lalu.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati beserta para kepala OPD terkait ikut mendampingi Khofifah. Tak ketinggalan jajaran Muspika Kecamatan Sooko dipimpin Masluchman Camat serta Pemdes Kedungmaling yang dipimpin oleh Edy Prabowo Kades.

 

Tiba di Pasar Kedungmaling sekitar jam 08.20 WIB beliau langsung mengadakan inspeksi mendadak. Mengunjungi beberapa pedagang, berdialog, sekaligus memborong beberapa komoditas penting. Tak lupa beliau juga memberi kesempatan pengunjung serta pedagang untuk berfoto bersama.

 

Stan pertama yang diborong dagangannya adalah stan ayam. Kebahagiaan terpancar dari Maskhatin saat ayamnya diborong. Dengan agak gemetaran dan sedikit gopoh karena kaget dibungkuslah beberapa paket ayam. Oleh Khofifah bungkusan ayam tersebut langsung dibagikan kepada para pengunjung yang berkerubut.

 

Lanjut ke pedagang sayur di sebalahnya. Bintang jatuh demikian kata pepatah. Sayurannya pun ikutan diborong. Beliau menanyakan bagaimana harga kulakan yang diperoleh. Termasuk ketersediaan barang dari penyalur. Sayuran yang diborong juga dibagikan  secara cuma-Cuma kepada pengunjung.

 

Berikutnya giliran stan rempah dan bumbu milik Hj. Rohimah. Dengan riang gembira pedagang satu ini menimbang lombok yang diborong. Khofifah dan Ikfina pun tak tinggal diam. Kedua pejabat ini ikut membungkus serta membagikan langsung kepada ibu-ibu yang mengerubutinya. Selain berharap dapat lombok gratis, sekaligus mengambil kesempatan untuk berswafoto.

 

Cukup lama beliau berada di lapak Hj. Rohimah ini. Berikutnya beberapa lapak lagi yang disambangi. Tak lupa memborong barang dagangan. Kemudian membagikan kepada para pengunjung pasar. Tentu saja hal ini sangat menggembirakan bagi mereka.

 

Di akhir rangkaian acara sebelum konferensi pers, Khofifah dan Ikfina membagikan 40-an bingkisan kepada para pengemudi becak dan pedagang.

 

Dalam konferensi persnya, Khofifah mengungkapkan bahwa stok kebutuhan sembako di bulan Ramadhan dan jelang Idul Fitri ini cukup aman. Bahkan beberapa harga kebutuhan pokok serta bumbu-bumbu turun harga. Beliau berharap tak akan ada lagi kepanikan pasar. Pantauan beliau langsung di lapangan menunjukkan kondisi pasar yang kondusif.