Pleno TP PKK Desa Kedungmaling Februari 2023

23 Februari 2023
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 82 Kali
Pleno TP PKK Desa Kedungmaling Februari 2023

Memasuki tahun 2023, pleno pertama telah diselenggarakan kemarin, Rabu (21/2) pagi hingga jelang siang di Pendopo Balai Desa Kedungmaling. Antusiasme dari anggota begitu luar biasa. Hal ini dapat dimaklumi sebab semakin variatifnya kegiatan dalam pertemuan ini. Setelah bulan Januari 2023 kemarin sempat vakum.

Rangkaian acara dibuka Sumarlik selaku pembagi acara. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK. Selanjutnya ditutup dengan doa oleh Masruroh. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan notulensi rapat Pleno TP PKK Desa Kedungmaling Bulan Desember 2022 oleh Mislichah Prasetyo.

Hj. Siti Kusniati selaku Ketua TP PKK Desa Kedungmaling menyampaikan sambutan pertama. Beliau menyampaikan keprihatinan atas tingkat stunting yang masih tinggi di Desa Kedungmaling. Diharapkan di tahun 2023 ini sudah bisa 50% dikepras (teratasi). Mendorong para kader untuk lebih giat dan lebih aktif. Utamanya bagi ibu-ibu muda agar memperhatikan tumbuh kembang anak sejak usia dini. Baik dari  segi pendidikan maupun asupan gizinya.

Giliran ke-dua adalah sambutan dari Edy Prabowo Kades. Ada beberapa hal yang disampaikan diantaranya adalah:

  1. Pada tanggal 28 Februari akan diadakan pembinaan Desa Berseri dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Mojokerto untuk persiapan Lomba Desa Berseri Tingkat Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya titik yang dilombakan difokuskan di RT 09 dan RT 10/RW 04.
  2. Desa Kedungmaling juga di tahun ini masuk dalam Desa Berdaya. Saat ini Pemdes Kedungmaling tengah mengikuti pembinaan/bimbingan teknis secara daring beserta desa lainnya se-Jawa Timur. Dalam program ini nantinya akan digelontorkan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Pemprov. Jatim yang besarnya Rp. 100.000.000,-.
  3. Kabar baik berikutnya adalah akan dilaksnakannya pengaspalan di RW 09, pengecoran jalan di RW 04 dan RW 03 yang sumber dananya dari Bantuan Keuangan Kabupaten Mojokerto.
  4. Tahun 2023 ini ditargetkan sampah seluruh warga Desa Kedungmaling akan dikelola unit usaha BUMDes Anugerah Sejahtera.  Diharapkan secara bertahap  Kedungmaling tercipta lingkungan bersih dan sehat. Seluruh warga desa diwajibkan  mengikuti program ini. Sekaligus nantinya akan diberlakukan sanksi bagi pembuang sampah sembarangan.

Sambutan ke-tiga giliran Nur Afidah, SST. Bidan Desa. Beliau menekankan kembali kepada seluruh pengurus inti TP PKK Desa Kedungmaling tentang keharusan untuk menurunkan angka stunting di tahun 2023. Oleh karena itu dukungan penuh TP PKK kepada para kader Posyandu Balita, agar semangat para kader tetap terjaga untuk bersama-sama menekan angka stunting tersebut.

Rangkaian acara ditutup dengan tutorial hijab dan lomba pemasangan hijab. Acara ini dipandu oleh Deny Maghfiroh. Kegiatan ini berlangsung dengan meriah. 9 perwakilan dari tiap RW berjuang untuk memberikan penampilan sebaik mungkin. Hasil akhir adalah juara pertama RW 09 dan juara ke-dua adalah RW 03.