Ada Apa Di Posyandu Anggrek Santren Hari Ini?

20 Oktober 2021
Dibaca 166 Kali
Ada Apa Di Posyandu Anggrek Santren Hari Ini?

Ada keluarga yang menolak balitanya dibawa ke Posyandu. Entah karena stigma agama atau alasan yang lain. Lalu apakah hal ini akan membuat kendor semangat para kader? Tidak bukan?

Hal ini seperti terlihat pada pelaksanan di Posyandu Anggrek RW 09 lingkungan Santren (RT 23 dan RT 24) Desa Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto. Sebagaimana pernah disampaikan oleh Edy Prabowo Kades bahwa kegiatan Posyandu didukung oleh Pemdes Kedungmaling. Apalagi saat ini terdapat bidan desa yang begitu aktif dan konstruktif. Mendorong kader untuk lebih kreatif dan solutif.

Gayung bersambut. Saat ini kegiatan Posyandu pun Nampak lebih semarak. Sebagaimana dapat dilihat dalam aktivitas di Posyandu Anggrek Santren Selasa (19/10) sore ini. Jum’ati, Galuh, Suningsih, istiqomah, dan Maysaroh terilhat cukup sigap untuk melaksanakan tugas pada meja masing-masing. Demikian juga Nur Afidah bidan yang begitu cekatan untuk melaksanakan kegiatan rutinnya.

Seperti pelaksanaan di Posyandu sebelumnya, kali ini kegiatan vaksinasi menjadi aktivitas tambahan. Alhamdulillah sebanyak 7 orang (lansia dan umum) berhasil divaksin. Ini sebagai salah satu upaya Pemdes Kedungmaling dan Puskesmas Sooko untuk mendekatkan layanan vaksinasi Covid-19 kepada warga.

Sementara itu untuk layanan rutin Posyandu berhasil melayani 20 balita (14 laki-laki dan 6 perempuan). Kegiatan yang berlangsung di rumah Jum’ati kader ini berlangsung 2 jam, yaitu mulai jam 15.00 hingga 17.00 WIB. Ada penurunan jumlah kehadiran ibu dan balita untuk pelaksanaan kali ini. Oleh karena itu diperlukan kerja keras untuk pelaksanaan kegiatan Posyandu di bulan berikutnya.

(SN)