Ekskavator Itu Telah Bekerja

19 November 2021
Dibaca 157 Kali
Ekskavator Itu Telah Bekerja

Proses panjang tengah dilalui. Bagaimana Pemdes Kedungmaling melalui Edy Prabowo Kades meminta instansi terkait untuk membantu menormalisasi Kali Grujuk. Salah satu aliran sungai utama yang mengalir melewati Desa Kedungmaling. Mengaliri ratusan hektar sawah dan dimanfaatkan untuk kolam ikan.

Kamis (18/11) pagi dimulailah pekerjaan oleh Dinas PUPR Kab. Mojokerto. Proses normalisasi sungai diawali dari barat Kampung Tas RW 08. Alat berat berwarna oranye ini begitu menarik perhatian masyarakat. Tak pelak banyak ‘penonton’ yang menunggui ‘atraksi’ ini. Apalagi bagi murid-murid salah satu sekolah di dekat lokasi. Sekaligus menambah pengalaman bagi mereka. Ternyata begitu banyak sampai terlihat saat endapan itu diangkat.

Demikian juga masyarakat di sepanjang sepadan sungai. Menyadari diri bahwa sepadan sungai di kiri dan kanan bukanlah tanah pribadi. Ini yang harus menjadi perhatian warga. Memanfaatkan tanah sepadan sungai dengan bijak. Tidak membangun bangunan permanen. Agar tidak merepotkan orang lain maupun diri sendiri.

Oleh karena itu sosialisasi telah Pemdes Kedungmaling lakukan sejak dini. Termasuk selalu update perkembangan lewat medsos dan website desa. Harapannya bahwa pekerjaan normalisasi sungai ini berjalan lancar hingga akhir. Kali sepanjang 1800 meter akan dikerjakan sekitar seminggu. Dukungan masyarakat sekitar tentu sangat diharapkan demi kelancarannya.