Bincang Sersan Seputar Pengelolaan Sampah di Desa Kedungmaling

30 Juli 2021
Dibaca 175 Kali
Bincang Sersan Seputar Pengelolaan Sampah di Desa Kedungmaling

Desa Kedungmaling terus bergeliat. Tetap semangat bekerja di tengah pandemi. Tetap semangat merealisasikan Visi dan Misi Kepala Desa Kedungmaling meski aral melintang di depan. Dengan semangat kebersamaan dan selalu memohon bimbingan Allah Ta'ala untuk mewujudkan itu semua.

Termasuk menindaklanjuti dengan segera hasil keputusan musyawarah dengan pemangku kepentingan Pasar Kedungmaling, Selasa (28/7) yang lalu. Sebagaimana telah dilakukan malam ini, Jumat (29/7) di Pendopo Balai Desa Kedungmaling dalam acara Bincang Serius Tapi Santai seputar permasalahan sampah di Pasar Kedungmaling. Dimana Pemdes Kedungmaling telah diberi kepercayaan untuk pengelolaan sampah di TPS sementara Pasar Kedungmaling.

Hadir dalam pertemuan tersebut Pemdes Kedungmaling dipimpin oleh Edy Prabowo selaku Kades, Ketua BPD yang diwakili oleh Gus Ikhsan, Ketua LPM, serta perwakilan GARUDA Kedungmaling. Acara yang diawali tepat jam 19.30 WIB ini langsung dipimpin oleh Kades Kedungmaling. Dimana ada beberapa hal yang disampaikan diantaranya adalah:

  1. Saat ini selain Unit Parkir, BUMDes "Anugerah Sejahtera" Kedungmaling telah memiliki MoU dengan PT. Pos dan Giro untuk pembukaan Agen Pos dan Giro. Oleh karena itu segera disiapkan tempat serta karyawan yang akan menggawangi unit usaha tersebut.
  2. Ada 1 unit kios milik Pemdes Kedungmaling yang masih kosong. Kios ini untuk sementara akan digunakan sebagai kantor BUMDes dan Unit Pos dan Giro.
  3. Upaya untuk mengoptimalkan usaha yang ada di lingkungan Pasar Kedungmaling, baik itu lahan parkir, listrik, serta pengelolaan sampah.
  4. Musyawarah untuk sementara dilakukan secara informal untuk membahas formula terbaik yang perlu disiapkan untuk launching agenda kerja berikutnya. Utamanya mrnyiapkan Unit Pengelola Sampah yang basis utamanya adalah pengelolaan sampah Pasar Kedungmaling.

Kesempatan berikutnya disampaikan oleh Gus Ikhsan yang menyatakan bahwa arah kebijakan Pemdes Kedungmaling untuk kepentingan bersama warga BPD pasti akan mendukung. Bilapun ada aral saat melangkah isnyaallag akan bisa terartasi. Sebagaimana telah dibuktikan selama kepemimpinan Kades Edy Prabowo.

Berikutnya dilanjutkan dengan diskusi terbuka yang berlangsung dengan gayeng. Begitu banyak peluang dan kesempatan yang harus segera dimanfaatkan. Dukungan para tokoh masyarakat Kedungmaling tentu tidak dapat dipandang sebelah mata. Inisiatif serta dukungan nyata tak boleh disia-siakan. Hal tersebut semata-mata agar hasil pembangunan yang dijalankan dapat dinikmati oleh seluruh warga.

(NA)