Penilaian 6 Besar Lomba Desa Berseri Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 (Bagian II)

26 Mei 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 115 Kali
Penilaian 6 Besar Lomba Desa Berseri Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 (Bagian II)

Seusai upacara seremonial penyambutan Tim Penilai Lomba Desa Berseri Tingkat Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 di Pendopo Balai Desa Kedungmaling, kegiatan dilanjutkan dengan penilaian lapangan. Rombongan berangkat bersama para undangan lainnya menuju Kampung Anggur Majapahit RW 04.

Tim juri mengunjungi berbagai titik yang menjadi perhatian. Semuanya dilakukan dengan berjalan kaki, meski jarak yang ditempuh cukup lumayan. Mulai dengan menyusuri tepian sungai yang menjadi viral karena tanaman anggurnya. Kemudian memasuki sentral bibit anggur. Diskusi panjang seputar anggur hingga prospek ke depannya.

 

Di bawah terik matahari yang cukup menyengat, tim melanjutkan rehat sejenak untuk makan siang di Pujasera Anggur Asri. Menu rujak cingur dan dawet tradisional asli produk Kedungmaling yang digawangi ibu-ibu TP PKK Desa Kedungmaling dan PKK Srikandi RW 04. Tak terasa hampir 20 menit berada di sini. Tim juri kemudian segera beranjak menuju Laboratorium Anggur dimana terdapat pusat pembibitan anggur serta sayuran dan komposter.

Di laboratorium Ketan Anggur Majapahit Ning Hanak dan tim terpukau dengan beberapa varian anggur yang sedang berbuah. Sempat mencicipi anggur yang belum matang namun terlihat begitu ranum. Sangat menarik. Meski tempatnya cukup tersembunyi. Bahkan beliau sempat nyeletuk kalau beliapun ‘wong ndeso’. Sudah terbiasa untuk jalan dan bermain di alam bebas.

Dengan berjalan kaki tim melanjutkan ke Bank Sampah Bersih Sehat Sejahtera. Diskusi panjang berlangsung di sini. Bagaimana petunjuk teknis praktis disampaikan oleh Ning Hanak dan juri lainnya. Banyak ilmu yang menambah wawasan praktis bagi pengelola bank sampah. Gayeng. Suasana yang terjalin diantara tim penilai dan yang dinilai.

Kurang lebih 20 menit berada di bank sampah, perjalanan lanjut lagi ke pujasera untuk evaluasi terakhir. Di sini para juri menyampaikan masukan, saran, serta kritik kepada Pemdes Kedungmaling, TP PKK Desa Kedungmaling, dan kader lingkungan. Apa yang seharusnya dilakukan ke depannya untuk penyempurnaan.

Alhamdulillah tepat jam menunjukkan angka 14.00 WIB rangkaian kegiatan Penilaian Desa Berseri tuntas. Panas yang terik tak lagi terasa. Berganti rasa lega sekaligus dag dig dug menunggu hasil berikutnya. Tentu saja berharap hasil terbaik yang akan diraih. Aamiin.