Kebakaran Di Pasar Kedungmaling

19 Juli 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 679 Kali
Kebakaran Di Pasar Kedungmaling

Senin (18/7) sekitar jam 19.30 WIB terjadi kebakaran di Pasar Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto. Kebakaran yang terjadi di sektor utara Pasar Kedungmaling ini menimpa 3 petak lapak semi permanen. 1 stan warung, 1 toko gerabah, dan 1 rumah panel milik UPT Pasar Kedungmaling.

BAKAR JALAN

Berkat kesigapan warga besera para relawan untuk segera menghubungi unit mobil pemadam kebakaran BPBD Kab. Mojokerto, akhirnya sekitar 1,5 jam sekitar 6 unit mobil PMK mampu mengatasinya. Hal ini sekaligus dilakukan proses pembahasan pada seluruh area di sekitar titik pipik. Sehingga kebakaran tak menjalar ke sekitarnya.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kab. Mojokerto, H. Yo’ie Afrida Soesetyo Djati, dugaan kuat kebakaran dipicu bocornya gas pada tabung gas pada salah satu warung. Pemiliknya lupa untuk mematikan kompor saat ditinggal untuk buwuh. Hal ini memicu api untuk meluap menyambar gudang milik UPT Pasar Kedungmaling di belakangnya, serta 1 kios tokoh gerabah di sebelah baratnya.

Pantauan Selasa (19/7) pagi ini di lapangan, kondisi fisik kios masih sekitar 80% utuh. Namun tak banyak barang yang bisa diselamatkan dari kios yang terbakar (2 kios merupakan bangunan semi permanen). Kejadian kebakaran ini pertama kali dialami oleh Pasar Kedungmaling yang merupakan relokasi dari pasar lama. Beroperasi sejak tahun 2019 yang lalu.

Kejadian tersebut di atas patut menjadi pelajaran bagi kita bersama. Pentingnya untuk waspada saat akan meninggalkan tempat. Mengecek panel listrik maupun kompor. Jangan sampai meninggalkan tempat dalam kondisi kompor masih menyala. Maupun panel listrik yang sudah aus namun masih digunakan.

Pun bagi masyarakat agar tidak berkerumun melihat musibah kebakaran. Yang pada akhirnya menyulitkan mobil PMK untuk masuk ke lokasi. Apalagi akses jalan yang tidak kondusif bagi mobil PMK ukuran besar.