Sosialisasi Program Desa Berdaya Tahun 2023

14 Maret 2023
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 108 Kali
Sosialisasi Program Desa Berdaya Tahun 2023

Bertempat di Pendopo Balai Desa Kedungmaling, Selasa (15/3) malam mini telah dilaksanakan Sosialisasi Program Desa Berdaya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Prov. Jawa Timur Tahun 2023. Acara yang dimulai jam 20.00 WIB  ini dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan, meski usai diguyur hujan lebat selepas shalat Ashar.

Hadir seluruh perangkat desa, anggota BPD, anggota Kelompok Tani Anggur Majapahit l, ll, dan lll, tokoh masyarakat, serta tokoh agama. Dalam sambutannya Miftakhul Arifin Ketua BPD menyampaikan beberapa hal diantaranya:

  1. Satu demi satu kemajuan dan prestasi diperoleh oleh Desa Kedungmaling.
  2. Hal tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat utamanya Ketua RT/RW sebagai ujung tombak di lapangan.
  3. Membuka wawasan bahwa desa kita memiliki sesuatu yang membanggakan. Selama ini belum/tidak tergali dengan baik.
  4. Mewujudkan kebanggaan itu menjadi keberkahan bagi seluruh warga.

Selanjutnya pemaparan oleh Edy Prabowo Kades. Beliau menjabarkan awal hingga tahapan pelaksanaan Program Desa Mandiri Tahun 2023.

  1. Pada tahun 2021 kemarin disampaikan bahwa Desa Mandiri akan diberikan penghargaan sebesar 100 juta dari Pemprov. Jawa Timur. Namun baru pada tanggal 21 Februari  2023 Pemdes baru mendapat info bahwa Kedungmaling masuk desa yg memperoleh BKK Tahun 2023.
  2. Pra sosialisasi PDB telah diikuti secara daring selama 5 hari.
  3. Bahwa 4 tujuan Program Desa Berdaya adalah:
  • Menumbuhkan inovasi produk (barang dan/jasa).
  • Memunculkan produk ikonik.
  • Mengoptimalkan penggunaan DD.
  • Menciptakan praktik keteladanan (good practice).
  1. Desa yang mencari identitas/ikon bagi desanya.
  2. PDB ditempatkan pada RT 03 untuk menyambungkan program Kampung Anggur Majapahit 1 dan 2.Dimana saat ini petani Kampung Anggur 1 sudah mulai memetik hasilnya. Meski dengan kendala yang tak sedikit.
  3. Yang akan digarap di RT 03 meliputi: membuat 2 gapuro dengan anggaran 9 juta; greenhouse dan kolam terpal; toga di pekarangan H. Iswahyudi; revitalisasi waduk ubub sebagai kolam ikan.

Harapan dari Program Desa Berdaya Tahun 2023 nantinya dapat memberikan hasil yang terbaik. Bahkan dalam launching (peluncuran) Oktober 2023 nanti Gubernur Jawa Timur dapat hadir untuk meresmikan Desa Berdaya Kedungmaling Tahun 2023. Oleh karena itu kerja cerdas dan kerja keras dapat dilakukan oleh Tim Kerja Desa Berdaya berkolaborasi dengan masyarakat.

Setelah paparan Edy Prabowo Kades, sesi Tanya jawab pun berlangsung dengan gayeng. Sekitar 6 penanya menyampaikan uneg-unegnya. Diskusi berlangsung dengan dinamis. Beberapa pertanyaan pun langsung mendapatkan respons positif dari Kades dan peserta lain yang hadir.

Jam menunjukkan angka 10 malam. Alhamdulillah seluruh rangkaian acara dapat dilangsungkan dengan baik. H. Ali Imron menutup dengan doa. Doa keselamatan serta memohon keberkahan bagi seluruh warga Desa Kedungmaling.