Survei Kali Grujuk Oleh Tim Dinas PUSDA Prov. Jatim

09 November 2021
Dibaca 134 Kali
Survei Kali Grujuk Oleh Tim Dinas PUSDA Prov. Jatim

‘Kali Grujug’ demikian kami menyebutnya. Salahsatu sungai yang cukup vital bagi warga Desa Kedungmaling. Keberadaannya sangat dibutuhkan bagi para petani serta pemilik kolam ikan. Pun bagi keberadaan rintisan desa wisata Kebun Anggur dan budidaya ikan karamba.

Lancarnya aliran sungai tentu sangat dibutuhkan. Sehingga endapan tanah maupun sampah tentu akan mengganggu. Mengganggu fungsi sungai. Termasuk menganggu keindahan. Oleh karena itu, Pemdes Kedungmaling berupaya seoptimal mungkin untuk merevitalisasi daerah lairan sungai tersebut.

Sebagai tindaklanjut pertemuan dengan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Prov. Jawa Timur, Senin (18/10) yang lalu, maka kembali diadakan survei lokasi oleh para pihak terkait. Senin (8/11) siang kemarin dengan diantar oleh Kadus I dan III kembali dilakukan survei ke-2. Kali ini dari tim survei menyusuri sepanjang aliran sungai yang akan dilaksanakan normalisasi.

Dalam kesempatan tersebut beberapa kali tim mengambil gambar pada titik-titik tertentu. Aliran sepanjang kurang lebih 800 meter yang diberikan perhatian khusus. Mulai dari area dekat pemancingan perbatasan Desa Gemekan hingga jembatan Kali Grujuk. Menghitung kemungkinan alat berat yang harus diturunkan. Mengingat di beberapa titik terdapat endapan yang begitu parah.

Dalam kesempatan tersebut sebelum mengakhiri kegiatan, tim bersama Edy Prabowo Kades melanjutkan diskusi di Kebun Percobaan Anggur Ketan Majapahit. Tentu saja disuguhi juga produk ungguan Kebun Anggur. Hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 12.00 WIB. Hingga pertemuan diakhiri dengan harapan bahwa kegiatan normalisasi sungai segera terealisasi sebelum tutup tahun 2021.