Pengasapan Di 3 RT Desa Kedungmaling

03 Desember 2021
Dibaca 123 Kali
Pengasapan Di 3 RT Desa Kedungmaling

Fogging, pengasapan, atau semburan kabus Jumat (3/12) pagi ini dilakukan oleh Pemdes Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto. Hal ini seiring dengan ditemukannya kasus penderita DB (Demam Berdarah) di beberapa RT. Bekerjama dengan Bidang P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kab. Mojokerto dan UPT Puskesmas Sooko kegiatan dilaksanakan di 3 RT.

Dimulai sekitar jam 07.15 WIB 8 orang petugas langsung menuju sasaran di RT 09 dan RT 10 RW 04. Didampingi oleh Ketua RT dan RW masing-masing untuk mengarahkan ke rumah-rumah sasaran. Kepala Dusun II Agus Soejarwo dan Kepala Dusun lll Juliyanto mendampingi bersama petugas P2M Puskesmas Sooko, Novi Widyastutik.

Sasaran terakhir adalah RT 19 RW 08 yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Ditambah dengan komplek sekolah dan pondok pesantren. Kegiatan yang cukup menarik bagi anak-anak. Melihat dari dekat bagaimana petugas menyiapkan alat hingga melaksanakan pengasapan. Di lokasi ini pengasapan diakhiri jam 08.30 WIB.

“Kader Jumantik sudah seharusnya diktifkan kembali. Oleh karena itu sebaiknya pemerintah desa menganggarkan juga kegiatan seperti ini. Sebagai upaya antisipasi kasus-kasus seperti ini,” ujar Novi Widyastutik.

Hampir 2 tahun Desa Kedungmaling 0 kasus DB. Hingga 3 kasus terjadi di akhir tahun 2021 ini. Tentu saja kewaspadaan harus lebih ditingkatkan lagi bagi masyarakat. Membersihkan lingkungan serta menutup tempat-tempat ideal dimana nyamuk aedes aegypti bersarang.Ingat! Mencegah lebih baik daripada mengobati.