Haflah Akhirussanah Yayasan Pendidikan Ash Shiddiq Kedungmaling

29 Maret 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 199 Kali
Haflah Akhirussanah Yayasan Pendidikan Ash Shiddiq Kedungmaling

Untuk yang pertama kali pasca pandemi, YP Ash Shiddiq Kembali menggelar kegiatan Haflah Akhirusanah di tahun 2022 ini. Bertempat di halaman dan gang depan Mushola Waqaf Ash Shiddiq utara pasar lama RW 06 dilaksanakan kegiatan tersebut. Senin (28/3) malam dalam suasana terang usai diguyur hujan jelang Maghrib.

ASSHIDDIQ IBU

Yayasan Pendidikan Ash Shidiq yang dirintis oleh Ust. Yus Aliansyah sejak tahun 2020, kini telah memiliki beberapa unit kegiatan. Beberapa diantaranya adalah TPQ, Madrasah Diniyah (Madin), Majelis Taklim, dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kegiatan akhir tahun pendidikan ini juga sekaligus sebagai penutupan jelang puasa Ramadan 1443 H.

Cukup antusias jamaah mushola dan masyarakat sekitar. Apalagi para orangtua santri yang putera-puterinya akan tampil di panggung kreasi. Acara yang dibuka tepat setelah shalat jamaah Isya.Tampak ikut menghadiri Edy Prabowo Kades beserta isteri dan Kukuh Suwoko mantan Kades.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an. Selanjutnya sambutan pembuka dari Edy Prabowo Kades. Dalam sambutan singkatnya beliau menyampaikan rasa gembira dan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Pemdes Kedungmaling selalu mendukung upaya mencerdaskan genererasi muda. Sebagaimana usaha-usaha yang telah dilakukan oleh YP Ash Shiddiq.

Sementara itu Ust. Yus Aliansyah sebagai Mudhir (Ketua) YP Ash Shiddiq dalam sambutannya memperkenalkan seputar aktivitas yayasannya. Salah satu unitnya, TBM cukup mendapatkan perhatian dari masyarakat. Bahkan beberapa donatur dari luar kota (Jakarta, Surabaya, dll.). Pun dari Kampus UNESA yang telah melaksanakan kegiatan magang bagi mahasiswanya di TBM Ash Shidiq beberapa bulan yang lalu. Beliau juga berpesan kepada para orang tua agar selalu mendokan kebaikan bagi anak-anaknya. Jangan sampai berkata kasar atau mendoakan jelek bagi mereka.

Setelah dua sambutan, acara penampilan kreativitas para santri TPQ dan Madin. Berturut-turut yang tampil adalah: doa harian, nasyid yang ditampilkan oleh 3 grup, nadhom aqidatul awam, senandung Al-Qur’an, senandung puisi. Sebelumnya juga para santri telah tampil pada pra acara dengan Shalawat Banjari.

Pada kegiatan ini diserahkan juga hadiah bagi para santri berprestasi di akhir acara. Diantara peraihnya adalah:

  1. Jilid 1, 2, dan 3 diraih oleh Faresta.
  2. Jilid 4, 5, dan 6 diraih oleh Ramzi dan Hafizah.
  3. Juz Amma diraih oleh Arifiya Nurdiyanto.
  4. Al-Qur'an diraih Surya Teja Sasmita.
  5. Al-Qur'an Diniyah diraih Siti Auliya Putri