Giat Posyandu Melati Dalam Rangka Hari Gizi Nasional Tahun 2023

07 Februari 2023
ROCHMAN SUDARMONO
Dibaca 102 Kali
Giat Posyandu Melati Dalam Rangka Hari Gizi Nasional Tahun 2023

Posyandu Melati RW. 09 Gg. Puskesmas yang bertempat di Balai RW 09, Senin (6/2) punya gawe ekstra selain kegiatan rutin Posyandu. Sejak jam 07.30 para ibu dan balita mulai berdatangan. Para kader Posyadu pun mulai menata tempat untuk kegiatan utama Posyandu dan peragaan memasak menu sehat bagi balita dalam rangka Lomba Hari Gizi Nasional (HGN) Tingkat Kab. Mojokerto.

Kegiatan pertama adalah penyuluhan menu sehat untuk balita. Wyke Hertanty kader menyampaikan penyuluhan seputar bahan serta menu sehat bagi balita. Dengan telaten memberikan contoh bahan-bahan untuk membuat menu sehat. Bahan yang mudah diperoleh dan terjangkau harganya. Utamanya adalah bahan yang memenuhi unsur protein hewani. Hal ini sesuai tema HGN 2023 ‘Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani. Protein Hewani Cegah Stunting’.

 

Dalam kegiatan penyuluhan  ini juga diadakan kegiatan interaktif/tanya jawab. Beberapa penanya memperoleh doorprize. Antusiasme ibu-ibu cukup bagus. Ini tak lepas dari tambahan materi berupa kegiatan praktik memasak yang akan dilaksanakan pada sesi berikutnya.

Selanjutnya adalah penyuluhan serta petunjuk teknis yang disampaikan oleh Nur Afidah, SST. bidan desa. Beliau memberi penekanan pada materi yang telah disampaikan oleh Wyke Hertanty. Bahwa Posyandu Melati ditunjuk oleh Puskesmas Sooko untuk mewakili Kecamatan Sooko dalam rangka HGN 2023 tingkat Kab. Mojokerto. Hal ini disebabkan Posyandu Melati merupakan Juara l Lomba PMT B2SA Tahun 2022 tingkat Kab. Mojokerto

Kesempatan terakhir sebelum sesi praktik ditutup oleh Hj. Siti Kusniati selaku Ketua TP PKK memberikan pengantar dalam sharing session. Beliau menceritakan perjalanan membesarkan kedua buah hatinya. Bagaimana pola asuh yang diterapkan dalam mengawal tumbuh kembang dua puterinya. Termasuk bagaimana sangat memperhatikan asupan gizi yang harus diperhatikan. Ibu mengambil peran sangat penting dalam hal ini hingga anak-anak tumbuh kembang menjadi dewasa.

Usai penyuluhan dan pengarahan sesi berikutnya adalah praktik menu balita kaya protein hewani. 5 orang kader Posyandu Balita dan 1 orang kader Posyandu Lansia saling bahu-membahu untuk melaksanakan praktik memasak sekaligus menyajikan kepada para peserta Posyandu.

Sangat menarik. Demikian komentar para ibu-ibu yang hadir. Kegiatan terakhir adalah kegiatan inti Posyandu yang meliputi:

  1. Penimbangan BB.
  2. Pemberian Makanan Tambahan (PMT).
  3. Imunisasi.
  4. Pengukuran TB, Lila, Lika
  5. Vitamin A

Dalam kegiatan Posyandu kemarin, jumlah balita yang hadir adalah 35 anak. Terdiri laki-laki 16 anak dan perempuan 19 anak.

Sementara untuk hasil SKDN (data untuk memantau pertumbuhan balita SKDN sendiri mempunyai singkatan yaitu sebagai berikut: S= adalah jumlah balita yang ada diwilayah posyandu, K =jumlah balita yang terdaftar dan yang memiliki KMS) adalah sebagai berikut:

  1. D/S = 100%
  2. N/D =60%

Sekitar jam 12.00 WIB seluruh rangkaian kegiatan Posyandu Melati usai. Dengan harapan bahwa dapat menorehkan prestasi dalam lomba memperingati HGN 2023.