Pelatihan Desain Grafis & Pembuatan Website di Kecamatan Sooko

15 September 2021
Dibaca 150 Kali
Pelatihan Desain Grafis & Pembuatan Website di Kecamatan Sooko

Digitalisasi kini menjadi kata 'wajib' bagi semua bidang. Utamanya dalam bidang pemasaran. Sebagaimana diketahui di era pandemi ini, pemerintah mendorong sektor usaha masyarakat untuk melakukan berbagai inovasi. Salah satunya adalah memasarkan produknya secara daring/online.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tercatat sejumlah 65 jutaan lebih di tahun 2019. Dipediksi 2 tahun terakhir semakin meningkat, utamanya 2 tahun di kala pandemi seperti ini Namun dari data Kominfo di tahun 2021 ini, baru sekitar 3,79 juta UMKM yang sudah online. Artinya baru sekitar 8% UMKM yang 'Go Online'.

Pemerintah Desa sebagai pelayanan pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat, sudah sepatutnya mampu membantu para UMKM. Oleh karena itu, Pelatihan Desain Grafis & Pembuatan Website Untuk Meningkakan Pemasaran UMKM Kec Sooko, Kab. Mojokerto, dirasa sangat perlu diberikan kepada para perangkat desa. Mewakili Desa Kedungmaling adalah Nur Kholiffah, Rizky Daniar S., dan M. N. Arifin.

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sooko, selama 2 hari Selasa - Rabu (14-15/9) pelatihan tersebut diadakan. Diikuti oleh 3 orang perwakilan dari 15 desa se-Kec. Sooko. Dibuka oleh Camat Sooko, Masluchman, SH.,M.Si.

Dalam sambutannya, Masluchman menyampaikan 3 hal penting diantaranya adalah:

  1. Dunia digital saat ini tak bisa dihindarkan dari semua aspek. Terutama dalam bidang pemasaran.
  2. Pelatihan hendaknya diikuti dengan sungguh-sungguh oleh seluruh peserta.
  3. Diharapkan ada tindaklanjut pelatihan ini di tingkat desa agar bisa berkesinambungan ilmunya.

Pelatihan dibagi 2 hari dengan 2 materi. Hari pertama adalah Desain Grafis dan hari ke-2 Pembuatan Website. Pemateri adalah  A. Sobirin, praktisi IT. Di hari pertama, adalah pengenalan dasar Desain Grafis. Sayangnya karena tidak semua peserta laptopnya dapat diinstal Corel Draw versi 17, beberapa peserta tidak dapat langsung praktik.

Untuk hari ke-2, materinya adalah Pembuatan Website. Peserta dikenalkan dengan pembuatan website berbasis blogspot dan wix website bulider. Dipilihnya 2 platform tersebut sebab bebas gratis. Bila ingin memperoleh domain profesional (.com, .co.id, online, dll.) maka harus membeli pada provider penyedia layanan domain dan hosting.

(NA)