Musyawarah Desa Sosialisasi BK Tahun 2022

26 Februari 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 139 Kali
Musyawarah Desa Sosialisasi BK Tahun 2022

Hujan gerimis di luar. Waktu pun melambat. Hingga baru jam 20.15 WIB Musyawarah Desa Sosialisasi Bantuan Keuangan Kepada Desa Tahun 2022 dimulai. Begitu banyak agenda yang harus disampaikan kepada seluruh unsur kelembagaan desa serta Ketua RT/RW. Jumat (25/2) malam ini pun waktu dipacu.

Gus Ihsan mewakili Ketua BPD Desa Kedungmaling menyampaikan beberapa hal diantaranya:

  1. Bahwa maju atau mundurnya desa bergantung kepada warga itu sendiri. Tentu saja kita berharap Kedungmaling mampu menjadi desa yang maju, bermartabat, serta rahmatan lil 'alamin.
  2. BPD selalu berusaha untuk bersinergi dengan Pemdes. Ikut mengawal agar bisa selalu konsisten memberikan hal yang terbaik serta dapat menjalankan amanat yang telah diemban.
  3. Diharapkan Musdes berjalan dengan baik serta memperoleh hasil terbaik untuk kemaslahatan warga.

Berikutnya adalah pengantar dari Kades Kedungmaling, Edy Prabowo. Beliau menyampaikan banyak hal:

  1. Sedianya malam ini adalah rapat yang membahas tentang persiapan lomba desa. Utamanya untuk kegiatan lomba Desa Berseri. Namun karena adanya undangan mendadak tentang BK tahun 2022 di Kamis (25/2) pagi, maka sekalian pada malam ini dilaksanakan Musdes tentang BK tersebut. Alahmdulillah Desa Kedungmaling mendapatkan tiga (3) macam kegiatan untuk BK tahun ini (Pengaspalan jalan RW 06, Pengaspalan Jalan RW 08, dan Renovasi Gedung Serbaguna). Tentu hal ini menjadi tanggungjawab besar yang harus disiapkan dengan baik.
  2. Menindaklanjuti pembangunan TPS3R di RW 01, bahwa akan diadakan sosialisasi lebih lanjut. Perlu diketahui warga bahwa TPS3R bukan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun sampah yang masuk di TPS3R akan dipilih, dipilah, serta diolah menjadi produk baru beserta afiliasinya. Termasuk pemanfaatan lahan sekitarnya untuk kegiatan produktif pertanian maupun perikanan. Dimana muaranya adalah mampu memberikan kontribusi aktif untuk Pendapatan Asli Desa (PAD) yang akan digunakan sebesar-besarnya bagi pembangunan desa.
  3. Menindaklanjuti proses tukar guling tanah kas desa. Bahwa pada Rabu (24/2) telah dilakukan penilaian oleh Kantor Jasa Penilaian Publik yang akan menentukan nilai aprisialnya, sebagai salah persyaratan administratif legalitas kegiatan tersebut.
  4. Desa Kedungmaling di tahun 2022 ini diberi kepercayaan untuk mewakili Kecamatan Sooko dalam lomba d tingkat Kabupaten Mojokerto. Tidak hanya 1 bidang penilaian saja. Namun maju berlomba untuk 15 bidang, dimana 10 bidang langsung bersinggungan dengan PKK. Di tahun 2022 lingkup gerak PKK semakin bergairah terutama untuk kegiatan Posyandu Balita dan menyusul Posyandu Lansia-nya.
  5. Seiring dengan banyaknya bidang lomba yang diikuti, maka secara otomatis akan membutuhkan banyak biaya. Padahal APBDes 2022 telah diketok. Oleh karena itu Pemdes Kedungmaling perlu menyampaikan akan adanya APBDes Perubahan. Dimana akan ada beberapa pergeseran mata anggaran yang harus dilakukan. Termasuk di dalamnya adalah belum bisa terpenuhinya belanja mobil siaga desa.
  6. Mengingat agenda terdekat adalah penilaian Desa Berseri, maka Pemdes memilih RW 04 (Kampung Anggur) sebagai pusat aktivitasnya. Perlu kerja kolosal dan bersama untuk segera membenahi beberapa titik yang perlu disentuh. Karena itu pada Ahad (27/2) pagi diharapkan masyarakat Kedungmaling dapat hadir bersama-sama untuk mengikuti kegiatan kerja bakti. Setiap RT diharapkan dapat mengirimkan minimal 15 orang warga untuk dapat berpartisipasi.
  7. BKM Desa Kedungmaling di tahun 2022 semoga bisa memperoleh bantuan pembangunan fisik. Sehingga diharapkan mampu menyentuh pogram kerja Pemdes yang belum tersentuh.

Kesempatan terakhir adalah sesi tanya-jawab. Para hadirin cukup antusias. Pertanyaan, masukan, serta kritik mendapat respons yang baik dari Edy Prabowo Kades. Beberapa masukan pun diharapkan bisa segera ditindaklanjuti.