Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa Kedungmaling

19 Mei 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 121 Kali
Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa Kedungmaling

Rabu (18/5) malam kemarin bertempat di Pendopo Balai Desa Kedungmaling telah dilangsungkan Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa Kedungmaling. Pemerintah Desa Kedungmaling dengan formasi penuh dipimpin oleh Edy Prabowo Kades. Sementara itu 4 orang anggota BPD yang hadir dipimpin oleh Miftakhul Arifin Ketua.

Rapat koordinasi seperti ini rutin dilaksanakan dalam hal-hal tertentu yang berhubungan dengan kebijakan khusus Pemdes Kedungmaling. Kali ini ada beberapa hal yang perlu dikomunikasikan dengan BPD diantaranya adalah:

  1. Rencana penghapusan aset berupa sisa bongkaran dari proyek rehablitasi ruang pelayanan dan pendopo.
  2. Insentif dari Pemprov Jawa Timur atas prestasi Kedungmaling sebagai ‘Desa Mandiri’.
  3. Pengangkatan pegawai Unit Pos BUMDes Anugerah Sejahtera.
  4. Tali asih untuk salah satu perangkat desa yang akan memasuki purna tugas.

Selanjutnya Edy Prabowo Kades menjelaskan ke-empat hal tersebut di atas kepada para anggota yang hadir.

  1. Bahwa penghapusan aset bekas bongkaran bangunan ruang pelayanan dan pendopo diharapkan mampu menambah Pendapat Asli Desa (PAD) dari hasil penjualan bongkaran tersebut. Hal ini sekaligus sebagai upaya menutup biaya Lomba Desa Tahun 2022 yang tidak dapat diambil dari DD maupun ADD. Mengingat biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.
  2. Bantuan Pemprov Jatim sebesar 100 juta sebagai insentif ‘Desa Mandiri’ akan dioptimalkan untuk pengembangan Kampung Anggur di RW 08. Dimana diharapkan biaya tersebut dapat dibuat untuk membuat rangka anjang-anjang sebagaimana di RW 04.
  3. Rekrutmen pegawai Unit Pos BUMDes akan segera direalisasikan dengan memperhatikan potensi yang ada. Diharapkan pegawai memiliki kompetensi dasar yang baik sebab sistem pengupahan akan dilakukan dengan bagi hasil. Semakin produktif maka upah yang diperoleh pun akan semakin besar.
  4. Gatut Edy P. Sebagai Kasi Pembangunan akan segera memasuki masa purna tugas pada akhir Juni 2022. Oleh karena itu Pemdes Kedungmaling akan memberikan tali asih berupa hasil tanah ganjaran selama satu tahun.

Miftakhul Arifin selaku Ketua BPD memberikan tanggapan atas paparan dari Edy Prabowo Kades. Beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya:

  1. Untuk hasil penjualan bongkaran (penghapusan aset) hendaknya dapat dilakukan secara transparan. Sekaligus menyikapi ketentuan yang ada dalam Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) yang saat ini sudah terkoneksi dengan KPK.
  2. Disarankan jika memungkinkan stumulus ‘Desa Mandiri’ tidak hanya dikonsentrasikan untuk pengembangan Kampung Anggur di RW 08.
  3. Untuk rekrutmen tenaga Unit Pos BUMDes Anugerah Sejahtera disarankan langsung dipimpin oleh Edy Prabowo Kades.
  4. Untuk tali asih BPD mendukung apalagi bila Pemdes mampu memberikan peluang ‘tambahan masa kerja’. Mengingat lebih dari 30 tahun Gatut Edy P mengabdi sebagai perangkatt desa.

Atas beberapa usulan Ketua BPD tersebut, Edy Prabowo Kades memberikan tanggapan atas kebijakan yang telah dan akan dilakukan. Pada prinsipnya apa yang dilakukan Pemdes Kedungmaling lebih menitikberatkan kepada kesejahteraan warga secara proporsional. Sehingga diharapkan semangat warga untuk bersinergi dalam membangun desa akan lebih nampak greget.