Hari Ke-tiga Safari Ramadhan Pemdes Kedungmaling di Mushola Al-Qodiri

14 April 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 134 Kali
Hari Ke-tiga Safari Ramadhan Pemdes Kedungmaling di Mushola Al-Qodiri

Pemdes Kedungmaling bersama Pengurus Ranting NU dan Pengurus UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling Kamis (14/4) malam ini menyambangi Mushola As-Qodiri (Mushola Cheng Ho) RW 05 Desa Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto untuk melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan.

Safari Ramadhan hari ke-tiga (3) kali dilaksanakan dengan Shalat Isya’ dan Tarawih berjamaah. Kali ini bertindak sebagai imam adalah Gus Ihsan. Sholat dilaksanakan dengan tertib dan tumakninah. Meski mushola yang indah ini letaknya tepat di poros jalan KH. Ismail yang cukup ramai, namun di dalam nuansa tenang tercipta.

3 HAMID

Usai pelaksanaan shalat Isya’ dan Tarawih berjamaah, dilaksanakan juga sosialisasi zakat, infak, dan sedekah oleh Pengurus UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling. Abd. Khamid selaku Sekretaris UPZ melaporkan pelaksanaan kegiatan pengumpulan serta penyaluran zakat fitrah di tahun 2021 kemarin. Sebanyak 2.666 zakat fitrah berhasil dikumpulkan sekaligus didistribusikan kepada warga di lingkungan masing-masing masjid/mushola se-Desa Kedungmaling.

Selanjutnya Gus Ihsan selaku Ketua UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling menyampaikan bahwa dengan telah terbentuknya amil resmi yang ditunjuk oleh negara (UPZ) maka secara otomatis diharapkan seluruh muzakki dapat menyalurkan ZIS-nya melalui UPZ. Sebab apabila muzakki telah menyampaikan zakatnya kepada amil resmi berarti zakat telah diterima dengan sah. Hal ini berlaku kebalikannya bila zakat diserahkan kepada amil yang bukan ditunjuk oleh negara. Zakat harus terlebih dahulu ditasarufkan (diserahkan) kepada mustahik baru dianggap sah.

Beliau juga berharap bahwa di tahun ini yang diserahkan kepada amil dalam hal ini takmir masjid/mushola yang telah ditunjuk oleh UPZ bisa lebih ditingkatkan lagi. Tidak hanya zakat fitrah. Namun bisa menyentuh zakat maal, infak, serta sedekah. Sehingga saat penyerahan zakat fitrah kepada mustahik nantinya diwujudkan menjadi satu paket yang isinya lengkap.

Sebelum acara ditutup doa oleh H. Muslimin, Pemdes Kedungmaling menyerahkan tanda mata kepada Takmir Mushola Al-Qodiri. Alhamdulillah epat jam 20.00 WIB seluruh rangkaian acara Safari Ramadhan pun usai. Dengan iringan harapan agar kegiatan ini dapat memberikan berkah kepada kita semua.