Terselip Cerita Bupati Mojokerto Akan Mengunjungi Kebun Anggur

14 September 2021
Dibaca 226 Kali
Terselip Cerita Bupati Mojokerto Akan Mengunjungi Kebun Anggur

Ada sepotong kisah saat Kunjungan Danrem CPJY Mojokerto dan jajaran Forkompimda Kab. Mojokerto ke Ponpes Darul Hikmah Kedungmaling Sabtu (11/9) yang lalu.

Pemdes Kedungmaling yang dipimpin oleh Edy Prabowo Kades, telah bersiap sejak jam 07.00 WIB. Meski pelaksanaan vaksinasi yang dihelat oleh jajaran Kodim 0815 Mojokerto dan Denkesyah 05.04.02 direncanakan baru dimulai jam 08.00 WIB. Ini sebagaimana kebiasaan dalam menyambut tamu, minimal 30 menit sebelum acara dimulai kami telah siap.

Waktu bergulir, satu demi satu para pejabat dari Forkompimda Kab. Mojokerto hadir. Diawali dengan Dandim 0815, Letkol (Inf) Beni Asman, selanjutnya Kapolres Mojokerto, AKBP. Doni Alexander, SIK.,MH., serta Bupati Mojokerto, dr. Hj. Ikfina Fahmawati, M.Si. Terakhir datang adalah Danrem CPJY (Citra Panca Yudha Jaya), Kolonel (Inf) Muhammad Dariyanto. Sebagaimana jadwal yang telah ditentukan oleh Kodam V Brawijaya, bahwa laporan pandangan mata dari Ponpes Darul Hikmah terjadwal sebelum pelaksanaan yang sama di Kota Mojokerto. Di Kota Mojokerto sendiri pelaksanaan dipusatkan di Gereja Katholik Santo Yosep.

Sebagaimana diketahui pelaksanaan Serbuan Vaksisnasi ke Pondok Pesantren Serentak di Jajaran Kodam V/Brawijaya ini dipusatkan di Ponpes An-Nur II Bululawang Malangpimpinan KH. Fathul Bari. Secara virtual, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin kegiatan yang dialksanakan di 38 kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur.

Nah, sambil menunggu giliran laporan langsung pelaksanaan dari Ponpes Darul Hikmah, Edy Prabowo Kades menyempatkan untuk melobi 'makne' Mojokerto. Ini adalah ikhtiar dari beliau untuk mengenalkan potensi wisata desa Kampung Anggur Kedungmaling. Sebagaimana yang telah disampaikan kepada Gus Ikbal (Ketua Ketan Anggur Majapahit) dkk. sehari sebelumnya.

Untuk diketahui bahwa kebun anggur yang merupakan kolaborasi Kelompok Tani Anggur Majapahit dan BUMDes Anugerah Sejahtera mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemdes Kedungmaling. Peresmian sekaligus penanaman bibit anggur pertama kali pada Maret 2021 kini menampakkan perkembangan yang cukup baik. Bahkan beberapa kali telah menerima kunjungan beberapa LSM dan pejabat sebagai upaya Pemdes untuk mulai mengenalkan keberadaannya.

darul hikmah kades

Gayung bersambut, lewat bidang protokoler Ikfina Fahmawati Bupati siap menyambangi salah satu produk unggulan Desa Kedungmaling. Waktu menunjukkan jam 10.05 WIB saat kepastian rencana diperoleh. Maka meluncurlah sebagian perangkat desa menuju Kampung Anggur. Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan termasuk merencanakan rute yang akan dilalui. 

Alhamdulillah dalam waktu yang singkat, tempat serta rute yang akan dilalui pun telah siap. Hal ini sesuai arahan dari petugas protokoler dan Satpol PP Kab. Mojokerto. 

Sayang sekali, selisih 50 menit kemudian Pemdes Kedungmaling memperoleh kabar yang kurang menggembirakan. Secara mendadak Bupati Mojokerto harus segera menemui tamu dari Jakarta seusai kegiatan video conference. Tentu saja ini sempat membuat kita masygul.

"Nggih mboten nopo-nopo, Pak," sergah Gus Ikbal kepada kami di kebun anggur percobaan Ketan Majapahit.

"Mungkin memang belum waktunya. Sebab nanti kita akan punya agenda yang lebih besar lagi. Agenda nasional. Semoga kami lebih siap dari segala sisi-sisi. Dan tidak terburu-buru menyiapkannya," lanjut beliau kepada kami.

Inilah secuil cerita Sabtu kemarin. Semoga bisa menjadi cambuk bagi kita. Bahwa seruang proses panjang harus kita lalui untuk mencapai keberhasilan. Tak akan ada yang sia-sia dengan ikhtiar baik yang terus dan terus kita lakukan.

Kampung Anggur KETAN MAJAPAHIT Kedungmaling