Pelatihan SID Perangkat Desa Kedungmaling

28 Juli 2021
Dibaca 191 Kali
Pelatihan SID Perangkat Desa Kedungmaling

"Semua harus bisa. Tidak ada yang tidak bisa kalau dipelajari dan dipraktikkan," ujar Edy Prabowo, Kepala Desa Kedungmaling.

Demikian diantara sambutan beliau saat pelatihan SID bagi seluruh perangkat desa. Tampak hadir seluruh perangkat desa dan staf (13 orang) di pendopo Balai Desa, Selasa (27/7) malam kemarin. Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) ini diharapkan bisa menjadi backbone bagi seluruh kegiatan administrasi desa. Dimana SID ini terintegrasi dalam website desa kedungmaling.desa.id.

SID dicanangkan dalam salah satu program kerja Pemdes Kedungmaling di tahun 2021 ini. Satu hal penting dalam menyiapkan database adalah data kependudukan yang valid. Semua kebutuhan masyarakat termasuk urusan surat-menyurat akan bisa terlayani dengan waktu yang singkat. Sebab nanti warga bisa memanfaatkan fasilitas layanan mandiri yang disediakan.

Pun demikian seluruh perangkat desa. Tidak ada perangkat desa yang tidak bisa melayani kebutuhan administrasi desa dengan aplikasi yang integratif ini. Kegiatan yang berlangsung dari jam 19.20 hingga 22.30 WIB ini dipandu oleh Lukman Teguh P. Dengan runtut dan telaten, beliau menjabarkan satu demi satu menu dalam laman admin website.

Semua peserta sangat antusias menyimak dan menanyakan hal-hal yang kurang dipahami. Hal ini sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Kades Kedungmaling. Bahwa dengan adanya SID ini semua hal bisa disajikan secara transparan. Mempermudah sistem pengadministrasian dan pengarsipan seluruh dokumen administrasi desa. Baik untuk kebutuhan surat-menyurat. rekapitulasi data keuangan, pembangunan, serta yang lainnya.