Bupati Ikfina Hadiri Operasi Pasar Minyak Goreng Murah Di Pasar Kedungmaling

28 Januari 2022
Dibaca 131 Kali
Bupati Ikfina Hadiri Operasi Pasar Minyak Goreng Murah Di Pasar Kedungmaling

Kondisi harga minyak goreng yang sekitar sebulan ini 'tidak sehat', akhirnya memaksa pemerintah untuk turun tangan. Sehari sebelumnya di Balai Desa Kedungmaling diadakan penjualan minyak goreng murah terbatas untuk warga 5 desa. Hari Jumat (28/1) pagi ini giliran Operasi Pasar Minyak Goreng Murah menyambangi Pasar Kedungmaling.

Kegiatan serentak yang dilakukan Pemkab Mojokerto melalui Disperindag Kab. Mojokerto ini digelar di 7 pasar secara bersamaan. Pasar Kedungmaling dan Pasar Raya Mojosari mendapatkan kuota yang paling besar yaitu 750 liter (kantong). Sementara untuk Pasar Niaga Mojosari, Pasar Dinoyo, Pasar Trowulan, Pasar Lespadangan, dan Pasar Jetis masing-masing mendapatkan kuoa 350 liter. Harga minyak goreng bersubsidi adalah Rp. 12.500,-/liter.

Penjualan untuk umum di Pasar Kedungmaling mulai dipadati oleh pengunjung pasar sejak sebelum jam 07.00 WIB. 1 orang pembeli mendapatkan harga Rp. 25.000,- per 2 liter. Untuk memperoleh 2 liter minyak goreng murah (bersubsidi) pembeli harus menyerahkan fotokopi KTP. Di sini juga dr. Ikfina Fahmawati, M.Si. (Bupati Mojokerto) beserta M. Iwan Abdillah (Kepala Disperindag Kab. Mojokerto) ikut hadir sekaligus melakukan sidak ke dalam pasar. Rombongan Ikfina Bupati hadir jam 07.15 WIB disambut oleh Edy Prabowo Kades Kedungmaling dan Masluchman Camat Sooko.

Selama inspeksi mendadak ke beberapa kios sembako beliau menyempatkan untuk berdialog dengan para pedagang. Menanyakan kondisi stok minyak goreng kemasan maupun curah. Sekaligus memberikan arahan agar mereka menjual tidak melebihi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu Rp. 14.000,-/liter. Hal ini agar menghindari adanya gejolak di pasar.

Selanjutnya saat press release beliau juga menekankan bahwa Bupati Mojokerto lewat Disperindag Kab. Mojokerto berusaha agar kondisi pasar tetap stabil. Termasuk bagaimana gonjang-ganjing harga minyak goreng ini bisa stabil. Upaya operasi pasar seperti pagi ini diharapkan ikut mempercepat normalnya harga minyak goreng agar sesuai dengan HET yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ikfina Bupati sebelum meninggalkan lokasi menuju Pasar Pugeran menyempatkan berpesan kepada Edy Prabowo Kades beserta Kepala Pasar Kedungmaling/Kepala UPT Pasar. Beliau berharap agar bisa selalu menjaga kondisi pasar tetap kondusif. Sekaligus beliau berterima kasih atas kerjasama yang telah diupayakan selama ini.