Hari Pertama Haul Jam’ul Jawami’ Ke-56 Tahun 2023

06 Januari 2023
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 58 Kali
Hari Pertama Haul Jam’ul Jawami’ Ke-56 Tahun 2023

Pagi berembun menyambut kedatangan ratusan hafiz dan hafizah di Masjid Baitul Mansyur, Komplek Ponpes Darul Hikmah Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto, Kamis (5/1). Merekalah yang akan membuka rangkaian 3 hari peringatan/Haul Jam’ul Jawami’ ke-56 tahun 2023 ini.

Jenggleh-jenggleh. Demikian julukan untuk Mudarosah Bilghoib Serentak. Menandai dibukanya rangkaian acara Haul Jam’ul Jawami’ Ponpes Darul Hikmah Kedungmaling. Tak kurang dari 155 majelis di masjid, musala, sekolah, hingga rumah-rumah yang ditempati. 3 orang hafiz/hafizah yang bertugas pada tiap majelis. Dimana sebaran majelis meliputi wilayah Kab./Kota Mojokerto dan sekitarnya.

Tak luput komplek Balai Desa Kedungmaling menjadi lokasi jenggleh-jenggleh. Majelis ke-43 yang bertempat di pendopo balai desa ini dibuka oleh H. Ali Imron, Modin Desa sekaligus Kasi Pelayanan. Pelaksanaan di tahun 2023 menjadi begitu istimewa, sebab Edy Prabowo Kades menyatakan bahwa Haul Jam’ul Jawami’ ini merupakan salah satu agenda resmi Pemerintah Desa Kedungmaling.

Hal ini dapat dimaklumi sebab kegiatan ini merupakan bentuk tradisi di Desa Kedungmaling yang diinisiasi oleh Alm. KH. Ismail Ibrahim untuk syiar agama dan untuk memperingati kewafatan para ulama seluruh dunia. Oleh karena itu Pemdes Kedungmaling melalui seluruh Ketua RT/RW mendukung secara aktif pelaksanaannya. Tahun 2022 kemarin pun sebenarnya sudah dilakukan, namun dengan skala terbatas pada Ketua RT/RW di sekitar ponpes saja.

Hujan mengiringi sepanjang siang hingga sore. Alhamdulillah sebelum Maghrib hujan telah reda. Rangkaian acara malam hari pertama pun dapat berlangsung sesuai dengan rencana. Peserta hadrah ISHARI (Ikatan Seni Hadrah Republik Indonesia) se-Jawa Timur pun tumpah-ruah. Peserta utusan Cabang Surabaya hingga Kediri pun hadir.

Kabilah yang cukup banyak ini membuat pelaksanaan berakhir dan tuntas hingga jam 01.00 WIB. Hikmah dari telah berakhirnya pandemi Covid-19 yang telah dinyatakan telah usai oleh Joko Widodo Presiden pada akhir Desember 2022 kemarin. Setelah 3 tahun sejak 2020 hingga 2022 pelaksanaan dilakukan secara terbatas.