Pertemuan Rutin Bulan Februari TP PKK Desa Kedungmaling

24 Februari 2022
SUWARNO
Dibaca 136 Kali
Pertemuan Rutin Bulan Februari TP PKK Desa Kedungmaling

Gerak Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejaheraan Keluarga (TP PKK) Desa Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto di Tahun 2022 semakin bergairah. Sebagaimana terlihat pada pertemuan Rabu (24/2) pagi ini di Pendopo Balai Desa Kedungmaling. 100-an orang anggota PKK dari perwakilan 25 RT/9 RW hadir mengikuti Pertemuan Rutin bulanan.

Kegiatan kali ini selain diagendakan pertemuan rutin juga diisi oleh kegiatan kreativitas dengan nara sumber dari civitas akademika STIE Al-Anwar Mojokerto. Hal ini merupakan sinergitas dan implementasi dari Kampus Merdeka. Kampus yang berada di Desa Kedungmaling ini sudah dua (2) kali menjalin kerjasama dengan Pemdes Kedungmaling. Utamanya untuk lahan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswanya.

Edy Prabowo Kades Kedungmaling dalam sambutan pengantarnya menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan, diantaranya:

  1. Bahwa kegiatan PKK di Desa Kedungmaling hendaknya dibangun secara bottom-up. PKK tumbuh dan bergerak karena bukan karena adanya instruksi maupun disuruh-suruh. Namun sudah seharusnya menjadi kebutuhan dari keluarga. Munculnya usulan-usulan atau ide-ide di tiap bulannya, sehingga nampak dinamis. Pemdes Kedungmaling selaku fasilitator berusaha untuk mendukung upaya tersebut.
  2. Tahun 2022 ini, Pemdes Kedungmaling dipercaya untuk mewakili Kec. Sooko untuk berlomba dalam 15 bidang di tingkat Kab. Mojokerto. Dari 15 jenis lomba yang diikutsertakan, 10 lomba diantaranya yang melibatkan PKK secara aktif. Untuk waktu terdekat adalah Desa Bersih dan Lestari yang berkasnya sudah harus dikirimkan pada 7 Maret 2022 nanti. Oleh karena itu, fokus kegiatan akan dipusatkan di RW 04 (Kebun Anggur). 
  3. Menghidupkan kembali Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang selama ini 'mati suri'. Mencari terobosan kerjasama dengan instansi/lembaga lain. Seperti terlihat pada kegiatan kali ini, mahasiswa KKN STIE Al-Anwar yang berkolaborasi. Diharapkan hal ini bisa berlangsung dalam jangka panjang.

Selanjutnya Hj. Siti Kusniati selaku Ketua TP PKK Desa Kedungmaling menyampaikan agenda pertemuan rutin berikutnya. Termasuk menjadikan hari Kamis minggu ke-3 yang akan digunakan sebagai waktu tetap untuk pertemuan rutin bulanan berikutnya. Mengevaluasi kehadiran dari perwakilan dari masing-masing RT/RW agar distribusi informasi dapat berlangsung dengan baik.

Setelah pelaksanaan diskusi, kegiatan terakhir adalah penyuluhan dan praktik Peningkatan Inovasi Ide Usaha dalam Pengelolaan Limbah yang Bernilai Ekonomis dari mahasiswa KKN STIE Al-Anwar. Kegiatan yang dipandu oleh Rzki Arvita, SE., MA. ini berlangsung cukup menarik. Bagaimana limbah tahu dimanfaatkan menjadi naget yang memiliki nilai rasa dan nilai jual tinggi. Hal ini terbukti dari hasil olahan yang langsung diserbu oleh para peserta.

Alhamdulillah jelang Zuhur kegiatan pun berakhir dengan baik. Seluruh rencana kegiatan dapat berlangsung dengan lancar. Harapan ke depannya, kegiatan akan berlangsung dengan semarak. Masing-masing RW yang mendapat giliran dapat menampilkan aktivitas andalannya.