Ruwat Desa Kedungmaling Menyambut Bulan Ramadan 1443 Hijriyah

25 Maret 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 122 Kali
Ruwat Desa Kedungmaling Menyambut Bulan Ramadan 1443 Hijriyah

Kabupaten Mojokerto memasuki PPKM Level 1 sejak tanggal 21 Maret yang lalu. Suasana yang kondusif untuk melaksanakan kegiatan untuk umum di desa. Demikian juga bagi Pemerintah Desa Kedungmaling. Dalam 2 tahun terakhir kegiatan Ruwat Desa diadakan secara tertutup di suasana keprihatinan akibat Pandemi Covid-19. Alhamdulillah tahun 2022 ini akhirnya bisa menyelenggarakan kegiatan Ruwat Desa secara terbuka.

RUWAT MC

Sebagaimana Kamis (25/3) malam ini. Pemdes Kedungmaling menyelengarakan kegiatan Ruwat Desa Serta Menyongsong Datangnya Bulan Suci Ramadan 1443 H. Rangkaian kegiatan dimulai sejak Kamis pagi dengan Khotmil Qur'an. Para asatiz putera Kedungmaling bergantian melantunkan ayat suci Al-Qur'an sejak pagi hingga jelang Dzuhur. Hal ini sebagai ciri khas Desa Kedungmaling yang masyarakatnya bernafas agamis. Sekaligus permohonan kepada Allah Ta'ala agar rangkaian kegiatan hari ini berlangsung dengan lancar.

RUWAT INUK

Kegiatan utama dilaksanakan pada malam hari ini. Dihadiri oleh seluruh perangkat desa dan isteri, pimpinan Lembaga Kemasyarakatan Desa (BPD, LMD, PKK, Karang Taruna, Linmas, Lembaga Adat, Relawan Garuda), Ketua RT/RW, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Dihadiri pula oleh 3 pilar (Babinsa Koramil 0815/03, Bhabinkamtibmas Polsek Sooko), perwakilan dari Kecamatan Sooko, para mantan kepala desa (Hj. Inuk Mufida Emilia, S.Pd., Kukuh Suwoko, SH., serta Rukhaeni). Hj. Setia Puji Lestari, SE, M.Si. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kab. Mojokerto juga berkenan hadir. Luar Biasa.

RUWAT MC

Dalam pembukaannya, Nur Kholifah selaku pembawa acara menyampaikan bahwa kegiatan malam ini merupakan satu bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah Ta'ala. Menjadi satu tradisi baik menyongsong bulan suci Ramadan yang tetap kita pelihara. Nilai kebaikan yang sekaligus diharapkan menjadi berkah bagi seluruh warga.

RUWAT BPD

Senada dengan pernyataan di atas, Miftakhul Arifin, S.Pd., M.Pd.I selaku Ketua BPD menyamaikan bahwa selain untuk melestarikan kebudayaan, acara Ruwat Desa sekaligus sebagai sarana silaturrahim yang banyak memberikan manfaat diantaranya adalah menambah panjang usia, menambah rezeki, serta diselamatkan dunia dan akhirat.  Hal ini sekaligus sebagai ungkapan terima kasih dan mendoakan para sesepuh dan para pendahulu yang mbabat alas Desa Kedungmaling.

RUWAT NURIKHSAN

Sebelumnya Nur Ikhsan yang mewakili Camat Sooko menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus permintaan maaf dari Camat Sooko yang tidak dapat hadir. Berharap semoga acara ini dapat berlangsung dengan baik hingga akhir.

RUWAT KADES

Selanjutnya sambutan dari Edy Prabowo Kades yang menyampaikan rasa syukur karena kondisi pasca pandemi yang semakin membaik. Berharap segera pulih dan membawa perubahan yang lebih baik bagi pembangunan desa. Ungkapan terima kasih kepada para undangan yang hadir menyempatkan waktu untuk berdoa bersama. Juga dengan kehadiran mantan kepala desa serta salah seorang Waket DPRD Kab. Mojokerto yang merupakan warga Kedungmaling.

RUWAT ASAHAN

Tak ketinggalan ucapan yang tak terhingga kepada para donatur yang telah mendukung konsumsi pelaksanaan Ruwat Desa. Asahan/kemaron serta  air mineral telah diterima oleh Pemdes Kedungmaling. Mendukung kegiatan dari pagi hingga acara inti di malam hari.

RUWAT MODIN

RUWAT ISHARI

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan Tahlil dan Istighosah yang dipimpin oleh Ust. M. Syafiuddin. Disambung dengan Sholawat Nabi bil Qiyyam oleh ISHARI Ranting Kedungmaling. Para undangan begitu khusuk mengikuti acara ini.

RUWAT GUSNAS

Terakhir adalah doa yang disampaikan secara berurutan oleh Gus Nasrullah, Dr. M. Amir Sholehuddin, dan terakhir adalah Ust. Nur Kholis. Doa untuk keselamatan warga desa serta bangsa Indonesia. Semoga keberkahan hidup selalu dilimpahkan dan Desa Kedungmaling untuk menjadi desa yang Baldatun Thoyibatun wa Raabun Ghofur.

RUWAT PESERTA

RUWAT MAKAN