Pemilihan Tuwowo Desa Kedungmaling Periode 2023 - 2025

31 Januari 2023
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 82 Kali
Pemilihan Tuwowo Desa Kedungmaling Periode 2023 - 2025

Ada yang berbeda di tahun 2023 ini. Kali ini Pemilihan Tuwowo Periode 2023 – 2025 dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Kedungmaling. Senin (30/1) malam puluhan petani mengikuti kegiatan pemilihan. Hadir pula seluruh jajaran Pemdes Kedungmaling dan BPD Kedungmaling yang dipimpin oleh Miftakhul Arifin.

Secara tertib para peserta yang memiliki hak pilih mengisi daftar hadir pemilihan. Berikutnya pengumuman pembukaan untuk pendaftaran calon Tuwowo yang ditutup sampai dengan jam 20.30 WIB. Hingga penutupan pendaftaran, hanya 2 (dua) orang calon yang mendaftar yaitu Paino dan Suparno.

Selanjutnya acara pembukaan yang diawali dengan pengantar dari Miftakhul Arifin Ketua BPD. Beliau menyampaikan bahwa pemilihan yang dilakukan secara terbuka dan demokratis ini diharapkan dapat memilih Tuwowo yang baik tentu saja.

Sementara itu Eko Prasetyo Sekdes yang mewakili Kades Kedungmaling berharap bahwa siapapun Tuwowo yang terpilih dapat membawa keberkahan bagi seluruh petani yang ada. Beliau juga menyilakan kepada H. Imam Basuki sebagai sesepuh petani Kedungmaling untuk memimpin pemilihan nantinya.

Setelah upacara pembukaan, prosesi inti adalah Pemilihan Tuwowo. Dipimpin langsung oleh H. Imam Basuki. Beliau menekankan kepada tugas penting Tuwowo yaitu:

  1. Melayani anggota/petani.
  2. Membersihkan saluran air.
  3. Menarik iuran.

Alur pemilihan pertama adalah menentukan nomor urut calon Tuwowo. 2 calon mendapatkan nomor urut sebagai berikut:

  1. Paino mendapatkan nomor 2.
  2. Suparno mendapatkan nomor 3.

Berikutnya adalah pemilihan yang dilakukan dengan menuliskan nomor kadindat tuwowo. Cukup menarik. Karena pelaksanaan berlangsung dengan sangat demokratis. Tentu saja hal ini agar pemilihan dapat memperoleh nama Tuwowo yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Memasuki proses penghitungan suara, dari total 33 suara diperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Paino  memperoleh 30 suara.
  2. Suparno (Gino) memperoleh 3 suara.

Maka secara otomatis Paino terpilih menjadi Tuwowo untuk masa bakti 2023 – 2025.

Dalam sambutan singkatnya, Paino menyampaikan ucapan terima kasih atas amanat yang harus diembannya. Berharap dukungan dari seluruh petani agar dapat menyelenggarakan tugasnya dengan baik.

Edy Prabowo Kades dalam sesi penutup menyampaikan beberapa hal diantaranya:

  1. Tuwowo terpilih agar memberikan pelayanan irigasi kepada para petani.
  2. Menegaskan kembali posisi Tuwowo pada hirarki organisasi HIPPA yang saat ini dipimpin oleh Paino, dengan sekretaris  Agus Soejarwo, dan bendahara Yudi Irawan. HIPPA Margo Rukun eksistensinya telah diakui. Telah memperoleh beberapa bantuan dari daerah dan pusat.
  3. Tanah bengkok seluas 500 boto untuk ganjaran Tuwowo agar kinerjanya benar-benar baik.