Kunjungan Ketua OK OC Ina Makmur Jatim ke Kebun Anggur

01 September 2021
SUWARNO
Dibaca 544 Kali
Kunjungan Ketua OK OC Ina Makmur Jatim ke Kebun Anggur

Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak. Salah satu strategi Pemdes Kedungmaling untuk mengangkat seluruh potensi yang ada di Desa Kedungmaling. Termasuk menggandeng OK OC Ina Makmur untuk mengangkat potensi Kelompok Tani (Ketan) Majapahit. Dimana anggur dipilih sebagai obyek unggulannya.

Selasa (31/8) siang kemarin, Joko Dwitanto (Ketua OK OC Ina Makmur) Jatim beserta rombongan berkunjung ke kebun anggur. Ditemani langsung oleh Edy Prabowo (Kades Kedungmaling) diskusi panjang berlangsung di kebun. Gus Iqbal selaku Ketua Ketan Majapahit menjelaskan awal geliat para pemuda untuk menerjuni aktivitas di kebun. Seiring dengan dorongan Edy Prabowo untuk mengajak para pemuda yang aktivitas sudah menasional. 

Dalam kesempatan tersebut, Joko Dwitanto memberikan banyak masukan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Roadmap pengembangan wisata kebun anggur dan produk tas sebagai produk unggulan Desa Kedungmaling.
  2. Merangkul banyak pihak dan dinas terkait untuk mempromosikan potensi wisata desa. Termasuk berbagai informasi terkini dari Kementerian/Dinas Pertanian.
  3. Merekrut sebanyak mungkin pemuda desa untuk dilibatkan ke dalam berbagai pelatihan peningkatan kapasitas diri. 
  4. Memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun basis data. 

Sementara itu, Yudi Kurniawan selaku Ketua Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) banyak bertukar pikiran dengan Gus Iqbal. Pria asal Lawang Malang ini dikenal ahli dalam bidang hortikultura. Tentu cukup paham dengan seluk beluk proses bagaimana merintis kebun dari hulu hingga hilir. Tak pelak, diskusi intens dengan Gus Iqbal berjalan begitu asyik.

JOKO ANGGUR

Para tamu juga sempat mencicipi berbagai varian anggur yang telah ranum. Dan sempat takjub dengan hasil produksi kebun ini. Dimana usia panen ternyata bisa lebih pendek di kebun ini. Salah satu keunggulan hasil dari kebun laboratorium Ketan Majapahit ini bisa menjadi nilai jual.

Meski terik menyengat, tak mengurangi keasyikan diskusi siang itu. Jam menunjukkan pukul 13.30 WIB, rombongan OK OC Ina Makmur Jatim pun berpamitan. Ketan Majapahit dengan rintisan wisata kebun anggur menyemai harapan.

(NA)