Malam Penganugerahan Lomba Video Gotong Royong Tahun 2021

02 September 2021
Dibaca 467 Kali
Malam Penganugerahan Lomba Video Gotong Royong Tahun 2021

Malam Penganugerahan Video Lomba Gotong Royong Desa Kedungmaling telah usai dilaksanakan Rabu (1/9) malam kemarin. Lomba video dalam rangka Peringatan HUR RI ke-76 Tahun 2021 ini diikuti oleh seluruh RW di Desa Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto. 9 video ini telah melewati berbagai tahapan, mulai dari sosialisasi, pelaksanaan kegiatan gotong-royong, pengiriman video, hingga penjurian. 

Acara semalam dihadiri oleh seluruh Ketua RT/RW, anggota BPD, anggota LPM, anggota TP PKK, para kader Posyandu. Tentu saja Kades Kedungmaliing, Edy Prabowo sekaligus penanggungjawab lomba serta Babinsa Koramil 0815/03 Pelda Miftahul Rahman. Acara dibuka jam 19.45 WIB oleh pembagi acara Nur Kholifah dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Berikutnya adalah sambutan tunggal yang disampaikan oleh Edy Prabowo.

Dalam sambutannya, Edy Prabowo Kades Kedungmaling menyampaikan beberapa hal penting diantaranya:

  1. Lomba Video Gotong Royong sebagai salah satu upaya mengisi kemerdekaan yg tidak tiba-tiba diperoleh.Mengisi apa yg mejadi tujuan para pendahulu pendiri Desa Kedungmaling. Mari mengisi dg hal2 positif. Sekaligus menumbuhkan rasa gotong royong antar warga. Setahun yg lalu kita bukanlah orang yg akrab dan dekat.

  2. Inisiatif menghias gapura dan gotong royong adalah murni inisiatif warga. Pemdes hanya memberikan wadah kepada warga agar warga mencintai wilayah masing-masing.

  3. Lomba video memiliki 2 tujuan pentiang yaitu: Membumikan dan mencintai apa yg kita lakukan; dan berlomba mencari kebaikan agar menjadi nafas warga desa.

  4. Di dalam RKP mewujudkan untuk rintisan desa digital sekaligus alat untuk mewujudkan transparansi pengelolaan anggaran desa.

  5. Juara favorit diambil dari jumlah views terbanyak. Diharapkan warga lebih mengenal Desa Kedungmaling lewat website desanya. Ke depannya, khalayak luas juga mengetahui keberadaan desa kita lewat kiprah yang dilakukan oleh warganya.

  6. 15 tim penilai yang telah melakukan penjurian yg seobyektif mungkin.

  7. Bahwa semua peserta merasa yang paling baik. Oleh karenanya kita hormati keputusan Tim Penilai.

  8. Di awal tahun Pemdes mencanangkan menjadi desa Mandiri dan saat ini alhamdulillah saat ini sudah masuk sebagai Desa Mandiri.

  9. Penguatan Bumdesa melalui berbagai strategi. Salah satunya lewat Kelompok Tani Anggur Majapahit. Termasuk membangun kemitraan dengan OK OC Ina makmur Jawa Timur. Selanjutnya menambah unit usaha diantara dengan Unit agen pos dan perbankan. Segera ada MoU pengelolaan sampah. Dengan harapan  mampu meningkatkan PAD, membuka lapangan kerja baru, serta solusi mengatasi tantangan yang ada.

  10. Semoga TPS3R segera terealisasi.

Selanjutnya adalah acara yang ditunggu-tunggu oleh para undangan. Pengumuman juara serta juara favorit disampaiakan oleh Ketua Tim Juri Lomba Video Gotong Royong, Miftakhul Arifin, M.Pd.I. Beliau sampaikan bahwa penjurian telah dilangsungkan dalam dua kali pertemuan. Hasil semalam yang diumumkan merupakan hasil yang obyektif dan diputuskan bersama oleh Tim Penilai. Banyaknya komponen penilaian diharapkan bisa menilai semua aspek dalam video yang ditampilkan.

Berikut adalah para juaranya:

  1. Juara 1 diraih oleh RW 005 dengan total nilai 13.180. Memperoleh tropi dan uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,-.
  2. Juara 2 diraih oleh RW 006 dengan total nilai 12.992. Memperoleh tropi dan uang tunai sebesar Rp. 3.000.000,-.
  3. Juara 3 diraih oleh RW 003 dengan total nilai 12.920. Memperoleh tropi dan uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,-.
  4. Juara Favorit oleh RW 005 dengan jumlah penonton 1.666. Memperoleh uang tunai sebesar Rp. 1.500.000,-.

Penyerahan hadiah berturut-turut dilakukan oleh:

  1. Eko Prasetyo Sekdes Kedungmaling kepada Juara I.
  2. Miftakhul Arifin Ketua BPD Kedungmaling kepada Juara II.
  3. Edy Prabowo Kades Kedungmaling kepada Juara III, dan
  4. Hj. Siti Kusniati kepada Juara Favorit.

Alhamdulillah, tepat jam 21.15 WIB acara ditutup dengan doa oleh Gus Ikhsan.

(--)