Pertemua Bulanan Ke-2 Kader Posyandu Desa Kedungmaling

24 September 2021
Dibaca 240 Kali
Pertemua Bulanan Ke-2 Kader Posyandu Desa Kedungmaling

Pagi hingga jelang siang Jumat (24/9) ini telah dilangsungkan Pertemuan Kader Posyandu di Pendopo Balai Desa Kedungmaling. Kali ini merupakan pertemuan yang ke-dua di tahun 2021. Namun pertemuan lengkap yang dihadiri oleh seluruh kader Posayandu. 50 orang dari 10 Posyandu Nampak begitu antusias mengikuti pertemuan awal hingga akhir.

Selain para kader, ikut mendampingi pula Hj. Siti Kusniati, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kedungmaling. Nur Afidah Bidan Desa serta Irma Dewi Risqiyatin (Riris) Petugas PLKB Kec. Sooko, serta Edy Prabowo Kades tentu saja tak ketinggalan.

Tepat jam 09.20 WIB pertemuan dibuka singkat oleh Elys Sugiarti selaku Ketua Kader Posyandu Kedungmaling. Kemudian disambung oleh Hj. Siti Kusniati yang dengan gaya santai tapi serius menyampaikan beberapa ‘bocoran’ penting diantaranya:

  1. Di bawah pimpinan Edy Prabowo Kades, satu demi satu permintaan/pengajuan dari Posyandu maupun Bidan Desa akan direalisasikan oleh Pemdes.
  2. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari Rp. 500,- akan dinaikkan sekitar Rp. 2.500,-. Hal ini sebagai wujud komitmen desa terhadap anak-anak generasi agar mendapatkan perhatian yang serius. Diharapkan juga dari nilai Rp. 2.500,-  ini akan sedikit disisihkan untuk pengadaan alat permainan edukatif (APE) di Posyandu.
  3. Bidan Desa yang selama ini masih dirangkap dengan Bidan Desa Sambiroto diharapkan selanjutnya bisa menjadi Bidan Desa Kedungmaling.
  4. Di bawah bimbingan Nur Afidah Bidan, saat ini kegiatan di Posyandu Nampak begitu efektif dan efisien. Yang biasanya kegiatan berlangsung antara 3 – 4 jam, kini cukup dengan 2 jam saja. Sebagaimana terlihat di Posayandu RW 01. Pun tak ada lagi pekerjaan rumah pasca kegiatan berlangsung. Sebab buku (coklat) Register langsung diserahkan kepada Bidan Desa.
  5.  

Sambutan sekaligus pengarahan berikutnya disampaikan oleh Nur Afidah Bidan. Beberapa hal penting yang perlu digarisbawahi antara lain:

  1. Kali ini merupakan pertemuan ke-2 sekaligus pertama kalinya dengan formasi lengkap serta arisan kader sudah bisa dimulai.
  2. Kehadiran Bidan Desa di beberapa Posyandu yang belum maksimal disebabkan padatnya aktivitas beliau karena masih memegang dua desa.
  3. Saat ini kader Posyandu mulai membiasakan mengoptimalkan kembali fungsi meja 1 sampai 5. Sebagaimana pada awal memang teori yang harus dipraktikkan memang seperti itu, agar kerja kader bisa lebih optimal.
  4. Pelaksanaan kegiatan imunisasi maupun vaksinasi Covid 19 bagi ibu hamil cukup penting. Terutama bagi bumil dengan usia kandungan 13 minggu sampai dengan di bawah 33 minggu. Hal ini sebagai upaya peningkatan kekebalan terhadap ibu, juga akan langsung dirasakan juga oleh bayi yang dikandung. Dimana saat bayi lahir, secara otomatis diharapkan akan memiliki kekebalan terhadap virus Covid 19.

Berikutnya Edy Prabowo menyampaikan sambutan sekaligus evaluasi singkatnya. Bahwa beliau merasa bahwa kegiatan Posyandu Desa Kedungmaling semakin Nampak bergairah. Oleh karena itu, Pemdes Kedungmaling pun sangat mengapresiasi dengan mendukung upaya pemenuhan alat penunjang  maupun menaikkan anggaran PMT. Pemberian alat timbang bayi dan alat ukur tinggi badan (elektrik) diharapkan mampu mencegah stunting (kekekerdilan) sejak dini. Pun dengan PMT diberikan secara proporsional sesuai dengan peraturan yang ada.

Pengarahan terakhir disampaikan oleh Riris Petugas PLKB. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Pasangan Usia Subur (PUS) saat ini bisa dilayani oleh Bidan Desa. Seperti halnya pemasangan maupun pencabutan alat kontrasepsi. Demikian juga kegiatan Bina Keluarga Remaja (BKR) kini mulai bisa dijalankan oleh kader. Harapannya agar kegiatan ini secara rutin bisa dilaksanakan dan dilaporkan secara periodik.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan peralatan penunjang di Posyandu dan penyerahan dana operasional PMT. Laporan selengkapnya akan disampaikan pada artikel berikutnya. Tepat jam 11.30 WIB seluruh rangkaian acara usai. Semoga kegiatan kali ini semakin mendorong semangat memberi kontrubusi yang baik untuk kemajuan desa.

 

(NA)