Safari Ramadhan Pemdes Kedungmaling Hari Ke-7 Di Mushola Al-Muhsin

20 April 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 116 Kali
Safari Ramadhan Pemdes Kedungmaling Hari Ke-7 Di Mushola Al-Muhsin

Setelah sempat rehat kemarin malam. Rabu (20/4) malam ini kegiatan Safari Ramdhan Pemdes bersama PR NU dan UPZ BAZNAS Desa Kedungmalig kembali dilanjutkan. Mushola Al-Muhsin Nganggel RW 04 kini yang mendapatkan giliran disambangi.

Pemdes Kedungmaling dipimpin Edy Prabowo Kades hadir dengan formasi lengkap. Mushola yang baru diresmikan Maret 2022 kemarin nampak cukup semarak. Kegiatan diawali dengan sholat jamaah Isya’ dan Tarawih yang dipimpin Ust. Khoirul Lutfi.

Selanjutnya sebagaimana di masjid/mushola lainnya, setelah jamaah disambung dengan sosialisasi oleh Pengurus UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling. Setelah H. Ali Imron selaku Ketua Pengurus Ranting NU, disambung sosialisasi oleh Gus Ihsan selaku Ketua UPZ Desa Kedungmaling.

Beliau menyampaikan beberapa hal pokok tentang pengelolaan zakat, khususnya zakat fitrah. Dimana untuk penentuan klasifikasi fakir miskin hendaknya melibatkan Ketua RT/RW yang paham kondisi ekonomi sebenarnya dari warganya. Pun demikian untuk zakat fitrah dari muzakki berupa uang. Hendaknya zakat fitrah ini hanya diserahkan kepada fakir miskin saja. Tidak untuk golongan penerima zakat lainnya.

Hal tersebut di atas merujuk kepada fikh Imam Malik. Sebab sebagaimana kebiasaan yang telah berlangsung bahwa zakat fitrah ini diperuntukkan bagi (kegiatan) amil. Harapannya bahwa amil secara proporsional ‘mengambil jatah’ zakat sebatas kegiatan operasional yang wajar.

Setelah sekitar 13 menit Gus Ihsan menyampaikan paparannya. Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata dari Pemdes Kedungmaling kepada Takmir Mushola Al-Muhsin. Alhamdulillah jam 19.50 WIB rangkaian kegiatan Safari Ramadhan hari ke-7 pun usai.