Halal Bi Halal Dan Lailatul Ijtima’ Pimpinan Ranting NU Kedungmaling

22 Mei 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 460 Kali
Halal Bi Halal Dan Lailatul Ijtima’ Pimpinan Ranting NU Kedungmaling

Bertempat di Musholla (Musala) Al Chamid lingkungan RW 04, Jumat (20/5) malam telah dilaksanakan Halal Bi Halal dan Laillatul Ijtima’ dan Santunan Janda Dhuafa’ PR NU Kedungmaling. Acara yang dimulai setelah Shalat Isya’ ini sedikit terkendala kondisi cuaca. Dimana hujan mengiringi sejak sebelum Maghrib.

Hadir dalam kegiatan ini para pengurus Tanfidziyah dan Syuriah PR NU Kedungmaling, Badan Otonom (Banom), Pimpinan Anak Ranting (PAR) NU, Pengurus Koin NU, serta para jam’iyah. Tak ketinggalan juga Pemdes Kedungmaling serta perwakilan dari Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Sooko. Meski hujan mengiringi, tak mengurangi antusiasme undangan untuk menghadiri acara ini.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan Tahlil yang dipimpin oleh H. Ali Imron. Dilanjutkan dengan shalat sunnah yang dipimpin oleh KH. Imam Hanafi. Sekitar 20 menit acara ini berlangsung. Berikutnya adalah sambutan Ketua Tanfidziyah MWC Kecamatan Sooko, H. Sampirno, ST. MT.

Pria yang saat ini menjabat Sekretaris Dispari Kabupaten Mojokerto menyampaikan 3 amanat penting yaitu:

  1. Pimpinan Anak Ranting (PAR) NU Desa Kedungmaling saat ini berjumlah 18. Merupakan PAR NU terbanyak se MWC Kec. Sooko.  Mengingat banyaknya pengurus tentu akan banyak dinamikan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Oleh karena itu diharapkan Pimpinan Ranting dapat mengakomodasi dan mengkomunikasikan semua permasalahan dengan baik. Tentu saja sesuai dengan koridor AD/ART yang ada.
  2. Saat ini Baitul Maal wat Tamwil (BMT) MWC NU Kec. Sooko telah berdiri. Diharapkan semua jam’iyah dapat ikut berpartisipasi mengembangkannya.
  3. Diharapkan pengurus struktural dan kultural bisa berkhidmat kepada organisasi. Jangan sampai pengurus mencari hidup di organisasi. Sebaliknya, diharapkan pengurus dapat menghidupkan organsasi.

Setelah sambutan dari MWC NU Kec. Sooko dilanjutkan dengan bacaan shalawat dan mahalul qiyam dari ISHARI Ranting NU Desa Kedungmaling. Kolaborasi senior dan junior berhasil membawa suasana khusuk dan hikmat diantara hadirin. Apresiasi yang tinggi atas kegigihan para pengurus ISHARI untuk melakukan kaderisasi. Sehingga Desa Kedungmaling dapat selalu mengibarkan bendera syiarnya.

Seusasi ISHARI menunaikan tugasnya, giliran ‘pasukan Koin NU’ beraksi. 12 paket sembako diserahkan kepada janda dhuafa. Ikut menyerahkan Edy Prabowo Kades, KH. Syafi’i Ashadi, dan KH. Nurul Huda. Paket sembako ini merupakan hasil dari Koin NU serta sumbangan insidental dari donatur. Oleh karena itu, semakin tinggi dukungan dari masyarakat/donatur insyaallah akan banyak pula paket sembako yang akan dibagikan.

Rangkaian acara berikutnya adalah halal bi halal yang ditandai bersalaman antara hadirin. Kemudian acara sambutan kembali dilanjutkan oleh Isnaini yang mewakili Takmir Musala Al Chamid. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para undangan. Begitu juga dengan para donatur yang mendukung agar acara bisa berlangsung.

Sementara itu Edy Prabowo Kades menutup sambutan dengan menyampaikan beberapa hal diantaranya:

  1. Ranting NU Desa Kedungmaling telah memiliki agenda rutin halal bi halal dan lailatul ijtima’.
  2. Pasca pandemi, pemerintah lebih melonggarkan aturan protokol kesehatan. Sehingga diharapkan kegiatan berikutnya bisa berlangsung semarak. Termasuk pengajian rutin 3 bulan sekali yang diadakan oleh Pengajian PKK ‘Thoriqul Jannah’.
  3. Saat ini perwakilan UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling telah ada 23 mushola. Di tahun ke-2 pelaksanaan kegiatan semakin baik. Bahkan telah mendapatkan apresiasi dari BAZNAS Kab. Mojokerto.
  4. Sebagian besar perangkat tidak dapat hadir sebab sedang beraktivitas menyiapkan Kampung Anggur yang akan mengikuti penilaian Lomba Desa Tingkat Kab. Mojokerto Tahun 2022. Sekaligus memohon dukungan dan doa agar dapat melaju sampai tingkat selanjutnya.

Berikutnya adalah acara puncak, ceramah agama oleh KH. Syafi’i Ashadi Ismail. Beliau menyampaikan seputar hikmah halal bi halal dan silaturrahim. Hingga jam 23.00 WIB beliau menyampaikan mauidha hasanah. Setelah ditutup doa, acarapun usai. Alhamdulillah seluruh rangkaian acara dapat berlangsung dengan lancar dan baik. Semoga kegiatan ini membawa kebaikan serta keberkahan bagi seluruh hadirin dan warga Kedungmaling.