Halal Bi Halal UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling

30 Mei 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 142 Kali
Halal Bi Halal UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling

Masih dalam suasana Idul Fitri 1443 Hijriyah. Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Desa Kedungmaling, Sabtu (28/5) kemarin malam mengadakan kegiatan Halal Bi Halal. Dalam acara tersebut sekaligus dilaksanakan Laporan Pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) tahun 1443 H/2022 M.

Kegiatan yang diadakan di pendopo balai desa ini diahadiri oleh 23 perwakilan (masjid/musala) UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling, Ketua RT/RW, seluruh perangkat desa, serta BPD. Ikut mengahadiri Ust. Lukman Baroroh selaku Bendahara BAZNAS Kab. Mojokerto. Kali ini merupakan tahun ke-2 pelaksanaan kegiatan UPZ Desa Kedungmaling.

Gus Ihsan selaku Ketua UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling menyampaikan bahwa tahun ini kegiatan pengumpulan ZIS telah berjalan lebih baik daripada tahun sebelumnya. Bahkan telah mendapatkan apresiasi dari Pengurus BAZNAS Kab. Mojokerto. Mulai tahun ini dimulai kegiatan pengumpulan infak/sedekah lewat kotak amal. Dimana diharapkan juga dalam jangka pendek maupun jangka panjang pemanfaat ZIS untuk zakat produktif. Kesemuanya itu tentu saja bermuara dalam satu kegiatan yang bernilai ibadah.

Sementara itu Edy Prabowo Kades menyampaikan apresiasi atas partisipasi 23 masjid/musala yang telah menjadi kepanjangan tangan UPZ. Meski baru 36% warga yang berpartisipasi dalam kegiatan pengumpulan zakat fitrah, rasa optimis bahwa target lebih baik akan dicapai di tahun yang akan datang. Sehingga pengurus UPZ memiliki pekerjaan rumah untuk mencari alternatif pengumpulan ZIS.

Selanjutnya dilaksanakan halal bi halal dantara seluruh peserta. Ditandai dengan acara saling bersalaman. Usai mata acara tersebut, disambung dengan laporan pelaksanaan oleh Aunur Rozaq mewakili bendahara UPZ Desa Kedungmaling. Secara rinci dibacakan laporan (keuangan) pengumpulan dan penyaluran ZIS Tahun 1443H/2022 M.

Berikutnya adalah sambutan dari perwakilan BAZNAS Kab. Mojokerto. Ust. Lukman menyampaikan bahwa dukungan aktif Pemdes Kedungmaling melalui Edy Prabowo Kades begitu berarti. Kondisi inilah yang membuat Pengurus BAZNAS Kab. Mojokerto berani untuk mengajukan Desa Kedungmaling sebagai pilot project untuk kegiatan di BAZNAS Prov. Jawa Timur. Dimana jika terealisasi maka akan diselenggarakan pelatihan UMKM maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Alhamdulillah jam 21.10 WIB seluruh rangkaian acara yang dipandu oleh Abdul Khamid Bendahara UPZ pun usai. Namun sebelumnya secara simbolis dilakukan penyerahan kotak infak kepada salah satu perwakilan UMKM. Diharapkan kotak infak ini dapat diperbanyak jumlahnya sehingga lebh banyak pula azas kemanfaatan yang akan diperoleh darinya.

 

LAPORAN 1