Musdes Penyusunan RKPDes Kedungmaling Tahun 2023

01 Juli 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 94 Kali
Musdes Penyusunan RKPDes Kedungmaling Tahun 2023

Menutup Bulan Juni 2022, Pemdes Kedungmaling terus berpacu dengan program-program pembangunan yang telah disiapkan. Musyawarah Desa (Musdes) Kamis (30/6) malam kemarin termasuk di dalamnya. Musdes yang diselenggarakan di Pendopo Balai Desa Kedungmaling ini mengusung 2 agenda utama yaitu: Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tahun 2023 dan Perubahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD Tahun 2022. Sementara agenda tambahan adalah Pelepasan Gatut Edy Wiyoto sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasi Kesra).

Musdes yang dihadiri oleh seluruh Perangkat Desa, Anggota BPD, Ketua RT/RW, Pendamping Desa, serta Ketua Lembaga Desa lainnya. Dihadiri pula oleh Babinsa Koramil 0815/03, Bhabinkamtibmas Polsek Sooko, serta Camat Sooko yang diwakili oleh Zainal Fanani, S.Sos. Kasi Pemerintahan.

Dalam sambutan pembukaan, Miftakhul Arifin selaku Ketua BPD menyampaikan bahwa pertemuan kali ini merupakan wujud sinergitas Pemerintahan Desa Kedungmaling yang terdiri dari Pemerintah Desa bersama BPD Desa Kedungmaing. Beliau juga berharap agar program-program yang telah direncanakan bersama dapat diwujudkan dengan baik guna kemaslahatan seluruh warga.

Selanjutnya paparan dilanjutkan oleh Edy Prabowo Kades yang menyampaikan beberap ahal diantaranya:

  1. RKP bisa diselenggarakan secara terbuka untuk menjamin  keterbukaan akses informasi. Hal ini bersifat umum dengan menetapkan Tim Penyusun RKP hingga penetapan RKP di September nanti. RKP untuk di tahun depan (2023).
  2. Kewajiban untuk ikut menyosialisasikan RKP yang dijadikan dasar untuk pembuatan RAPBDes 2023.
  3. BLT DD sepenuhnya ditentukan oleh Ketua RT/RW jumlahnya telah ditentukan sesuai dengan pagu yang tersedia. Menghindari kecemburuan sosial dan hal-hal yang tak diinginkan.
  4. Gatut Edy Wiyoto yang kemudian resmi menjadi perangkat di Tahun 2012. Telah memasuki usia pensiun. Hampir 30 tahun mengabdikan diri bersama Pemdes Kedungmaling. Sudah selayaknya untuk mendapatkan penghargaan secara proporsional.

Kesempatan terakhir diberikan kepada Zainal Fanani untuk memberikan arahan seputar proses penyusunan RKP Desa Tahun 2023. Dimulai dari Musdes Pembentukan Tim Penyusun hingga nantinya menjadi RAPBDes 2023. Pun beliau bersama Kades Kedungmaling memberikan kesempatan kepada audiens untuk menyampaikan pertanyaan maupun saran seputar agenda tersebut.

Alhamdulillah kegiatan kelar tepat jam 21.00 WIB. Dilanjutkan dengan nontong bareng Piala AFF U-19 antara Indonesia vs Thailand.