Vaksinasi Covid-19 Dosis Ke-3 (Booster) Di Balai Desa Kedungmaling

29 Januari 2022
Dibaca 125 Kali
Vaksinasi Covid-19 Dosis Ke-3 (Booster) Di Balai Desa Kedungmaling

Mulai awal Januari 2022, pemerintah menggalakkan kegiatan vaksin Covid-19 dosis ke-3. Biasa juga kita menyebutnya dengan booster. Mengapa sebegitu perlunya kita melaksanakan vaksin booster? Toh, kita sudah kita sudah 2 kali (2 dosis) vaksin sebelumnya.

Sebagaimana dilansir dari The Guardian, Ahad (12/12/2021) bahwa sebuah studi menunjukkan, bahwa vaksin booster dapat meningkatkan kadar antibodi secara signifikan, daripada antibodi yang terlihat setelah dua dosis vaksin. Temuan ini mengartikan, bahwa kekebalan tubuh masih bisa bertahan bahkan enam bulan pasca vaksinasi.

Di sisi lain, studi awal telah menemukan kualitas antibodi meningkat setelah seseorang disuntik vaksin booster. Sistem kekebalan terus menyempurnakan antibodi yang dipilih dan diperkuat berdasarkan pertemuan dengan virus atau vaksin. Selain itu, penelitian ini menunjukkan adanya respons kekebalan yang lebih baik dan lebih kuat setelah dosis ketiga.

Kali pertama di tahun 2022 ini, Pemdes Kedungmaling bekerjasama dengan UPT. Puskesmas Sooko mengadakan Gebyar Vaksinasi Covid-19 Dosis Ke-3 (Booster) di Balai Desa Kedungmaling, Senin (29/1). 10 orang tim dari Puskesmas Sooko ini dipimpin oleh Suwito. Salah satu staf penunjang medis senior.

Alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan jam 09.00 – 12.00 WIB dapat berlangsung dengan lancar. Nampak ikut mengawal kegiatan hingga akhir adalah Aipda Bayu Tendra (Bhabinkamtibmas Polsek Sooko) dan Pelda Miftahul Rahman (Babinsa Koramil 0815/03 Sooko). Tentu saja tak ketinggalan Edy Prabowo Kades Kedungmaling. Beliau sekaligus melakukan booster bersama perangkat desa lainnya.

Hingga kegiatan usai, 46 orang telah melaksanakan vaksin. Ada juga beberapa orang yang melaksanakan vaksin dosis ke-2. Minimnya jumlah yang divaksin kali ini disebabkan adanya syarat khusus. Dimana yang bisa mengikuti vaksin adalah mereka yang minimal telah vaksin pada tanggal 27 Juni 2021. Atau minimal berjarak enam (6) bulan dari vaksin dosis ke-2. Telah kita ketahui bersama bahwa pada bulan Agustus 2022 baru digalakkannya vaksin Covid-19 untuk masyarakat umum.

Harapan ke depan bahwa akan semakin banyak masyarakat yang bisa hadir, khususnya warga Desa Kedungmaling yang telah vaksin ke-2. Sekaligus bagi yang belum vaksin dosis pertama dan ke-dua tetap bisa berpartisipasi. Hal ini sebagai upaya pemerintah memperlambat laju Covid-19. Dimana saat ini telah berkembang ke varian baru, Omicron.