Inspeksi Mendadak BPK

09 Februari 2022
Dibaca 113 Kali
Inspeksi Mendadak BPK

Bertempat di ruang kerja Kepala Desa Kedungmaling, Edy Prabowo menerima BPKRI (Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia) perwakilan Prov. Jawa Timur, Selasa (8/2) pagi KEMARIN. Ikut hadir bersama rombongan masing-masing dari Inspektorat Kab. Mojokerto serta DPMD Kab. Mojokerto. Pemeriksaan ini sifatnya mendadak, sebab kurang dari 4 jam saja Pemdes Kedungmaling menerima pemberitahuan.

Nur Kholifah selaku Bendahara Desa Kedungmaling diminta untuk menunjukkan uang serta surat berharga milik Negara dan/atau miliki pihak lain yang ada dalam pengurusannya berhubung dengan jabatannya sebagai Bendahara Pengeluaran/Penerimaan, serta buku/daftar dan bukti-bukti yang bersangkutan.

Selama kurang lebih 2,5 jam wawancara berlangsung. Didampingi oleh Edy Prabowo Kades dan Eko Prasetyo Sekdes, Nur Kholifah menunjukkan berbagai bukti yang diminta oleh pihak BPK. Beberapa hal penting disampaikan oleh pemeriksa mengenai kekurangan yang seharusnya bisa segera dipenuhi. Sebab hal tersebut berpengaruh terhadap kesempurnaan pertanggungjawaban laporan keuangan desa. Hal ini oleh Edy Prabowo Kades disanggupi untuk melengkapi secepat mungkin.

Alhamdulillah jam 11.30 WIB pemeriksaan pun usai. Catatan dari pengawas sekaligus menjadi pelajaran penting. Transparansi laporan keuangan menjadi salah satu modal kuat bagi Pemdes Kedungmaling untuk menjalankan seluruh program yang ada. Hal ini cukup mendapat apresiasi dari pemeriksa serta anggota rombongan yang lain.