Kelas Ibu Hamil Pada Bumil Di Desa Kedungmaling

07 Maret 2023
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 69 Kali
Kelas Ibu Hamil Pada Bumil Di Desa Kedungmaling

Berolahraga atau menjalani aktivitas fisik secara rutin selama kehamilan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga membantu ibu hamil untuk beradaptasi dengan perubahan bentuk tubuh dan berat badan. Sebab akan nada perubahan signifikan secara fisiologis ibu hamil (bumil) dari sebelum hamil dan setelah masa kehamilan.

Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan selama masa kehamilan adalah senam hamil. Setiap gerakan dalam senam hamil umumnya mudah dilakukan. Jika dilakukan secara rutin, senam hamil bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh pada masa kehamilan maupun setelah persalinan.

Senam hamil dapat dilakukan oleh setiap ibu hamil yang sehat dan tidak mengalami komplikasi kehamilan. Tujuan dari senam hamil antara lain adalah untuk:

  1. Meredakan nyeri punggung.
  2. Mencegah sembelit (konstipasi).
  3. Menurunkan risiko komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional dan preeklamsia.
  4. Menjaga berat badan agar tetap ideal selama kehamilan.
  5. Memperkuat jantung dan melancarkan aliran darah.
  6. Melancarkan persalinan, terutama persalinan melalui vagina.
  7. Melatih dan melancarkan pernapasan.
  8. Melatih posisi melahirkan yang baik.
  9. Meredakan stres.                     

Polindes Desa Kedungmaling di bawah arahan Nur Afidah, SST. Bidan  Desa di tahun 2023 ini menggalakkan kegiatan  Kelas Ibu Hamil  melalui koordinasi 10 Posyandu yang ada. Kegiatan yang didukung penuh juga oleh Puskesmas Sooko. Dimana saat hari pertama pelaksanaan Kelas Ibu Hamil, Jumat (3/3) pagi hadir juga dr. Dadang HendryantoKepala UPT  Puskesmas Sooko beserta tim.

Selain ikut mendukung kegiatan ini, beliau juga menyampaikan materi seputar kehamilan. Sekitar 1,5 jam beliau menyampaikan materi dan berdialog dengan para bumil yang hadir. Diskusi berjalan dengan gayeng sebab materi yang disampaikan bersentuhan  langsung dengan kondisi sehari-hari bumil.

Kegiatan ini secara simultan akan dilaksanakan  di Posyandu yang ada di Desa Kedungmaling. Tentu saja harapan ke depannya adalah dengan adanya Kelas Ibu Hamil ini akan meningkatkan kesadaran bumil untuk mengetahui perkembangan fisiologis dan psikologisnya. Sehingga bayi yang dilahirkan serta ibu yang melahirkan sama-sama selamat dan sehat.