Hari Ke-dua Safari Ramadhan Pemdes Kedungmaling di Mushola As-Salam

13 April 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 131 Kali
Hari Ke-dua Safari Ramadhan Pemdes Kedungmaling di Mushola As-Salam

Rabu (13/4) malam alhamdulillah langit cerah. Kali ini Pemdes Kedungmaling bersama Pengurus Ranting NU Desa Kedungmaling menyambangi Mushola As-Salam Kampung Setia RW 02 Desa Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto untuk melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan.

2 COVER

Mushola mungil nan indah ini dipenuhi jamaah dewasa maupun anak-anak. Luber hingga ke halaman. Pelaksanaan sholat Isya berjamaah disusul Tarawih dipimpin oleh Gus Ihsan. Pengasuh Ponpes Darul Dakwah sekaligus Ketua UPZ BAZNAS Desa Kedungmaling.

Jajaran Pemdes Kedungmaling hadir dipimpin oleh Edy Prabowo Kades. Sementara dari PR NU Desa Kedungmaling dikawal oleh Ketua Tanfiziyah H. Ali Imron. Di dalam sambutannya usai rangkaian sholat Isya’ dan Tarawih beliau menyampaikan kepada jamaah tentang agenda Safari Ramadhan kali ini.

                

Berikutnya adalah penyampaian paparan oleh Gus Ihsan seputar kegiatan pengelolaan zakat, infak, dan sedekah. Dimana Desa Kedungmaling telah memiliki amil ZIS resmi yang ditunjuk oleh negara yaitu Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Desa Kedungmaling. Para muzakki lebih mantap lagi dalam menyampaikan ZIS-nya lewat amil resmi ini. Insyaallah tidak ada keraguan. Karena pada tahun 2021 kemarin, para takmir yang ditunjuk oleh UPZ Desa Kedungmaling telah bekerja dengan baik.

Mekanisme pengumpulan sertapenyaluran kepada mustahik sepenuh di bawah bimbingan Pengurus UPZ Desa Kedungmaling. Prinsip pengumpulan zakat, infak, sedekah dari warga, dikembalikan lagi kepada warga lingkungannya yang berhak. Nilai kemanfaat dari lingkungan kembali ke lingkungan inilah yang diharapkan bisa berjalan optimal.

Jam menunjukkan jam 20.00 WIB saat seluruh rangkaian acara Safari Ramadhan hari ke-2 usai. Setelah sebelumnya diserahkan ‘buah tangan’ dari Pemdes Kedungmaling untuk Takmir Mushola As-Salam Kampung Setia RW 02. Semoga malam ini kegiatan ini menjadikan Ramadhan menjadi lebih bermakna.