Geliat Warga RW 008 Desa Kedungmaling Dalam Rangka Normalisasi Saluran Drainase

28 Agustus 2021
RIZKY DANIAR SYAH PUTRA
Dibaca 166 Kali
Geliat Warga RW 008 Desa Kedungmaling Dalam Rangka Normalisasi Saluran Drainase

KEDUNGMALING -- Geliat Warga RW 008 Dikomandani oleh Kasun Juliyanto yang berkolaborasi dengan Ketua RT/RW di lingkungan warga RW 008, warga bergotong royong untuk menormalisasi saluran di lingkungannya yang selama bertahun-tahun menjadi langganan banjir.

Gotong royong di RW 8 ternyata tidak hanya dilakukan dalam rangka mengikuti Lomba Video untuk meramaikan Perayaan Kemerdekaan RI ke 76, namun gotong royong yang menjadi nafas kehidupan bermasyarakat dilaksanakan dalam kehidupan nyata.

Gotong royong yang dipicu oleh kesadaran yang sangat tinggi bahwa, “ada yang harus dilakukan”  untuk menyelesaikan permasalahan yang sebentar lagi akan mereka hadapi yaitu banjir dan genangan air karena air hujan yang tidak mengalir dan tertampung pada saluran-saluran yang sudah ada.

Mereka sadar betul bahwa tidak ada yang harus disalahkan dengan permasalahan yang ada, tetapi telah berbuat apa untuk menghilangkan masalah.

Pemdes Kedungmaling sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang sangat tinggi dengan yang mereka lakukan.

 

Saluran utama penyelesai masalah langganan banjir telah dimulai oleh warga bersama dengan Relawan Garuda, beberapa waktu lalu.

Dilanjutkan oleh BKM Sejahtera Abadi melalui KSM Sejahtera mandiri yang melakukan normalisasi dengan merehabilitasinya dengan biaya APBN sekitar Rp 295.000.000,00 kemudian saat ini warga “sayuk sa eko proyo” bersama-sama kerja bhakti menyambungkan potensi genangan air yang mungkin terjadi dimusim hujan yang segera datang.

“Mereka orang2 yang top markotob, jos gantos kotos-kotos. Sinergi dadi siji yang tidak hanya sebatas slogan penyemangat untuk selalu bersatu, saling menguatkan dan melengkapi dalam membangun desa. Tapi dalam perbuatan nyata.  Salut untuk yang mereka lakukan” demikian komentar Edy Prabowo, Kades Kedungmaling ketika dihubungi terpisah.


Mengapresiasi dengan cara lain juga disampaikan oleh Imam Wahyudi, Ketua RW 09 dalam menyemangati koleganya di RW 08, dengan ungkapan gurauannya. “ RW 08 telah melakukan imunisasi massal.

Dengan gotong royong, menggerakkan seluruh tubuh bak olah raga, berkecengkerama, sendau gurau, akan meningkatkan imun seluruh warga”