Monitoring dan Evaluasi Desa Berdaya

12 Desember 2023
EDY PRABOWO
Dibaca 130 Kali
Monitoring dan Evaluasi Desa Berdaya

Program Desa Berdaya adalah bentuk apresiasi Pemprov Jawa Timur kepada desa yang mampu meningkatkan statusnya dari Maju menjadi Mandiri dengan memberikan Bantuan Keuangan Provinsi (BK-P) sebesar Rp. 100 juta sebagai stimulan untuk memacu inovasi agar Desa mempunyai ikon tertentu (Desa Tematik). 

Desa Kedungmaling yang sudah mempunyai ikon berupa Kampung Anggur Majapahit 1 dan 2 yang terletak di RW 4 dan 8, mempergunakan BK-P dimaksud guna mengangkat "Kampung Anggur Majapahit 3" yang berlokasi di RW 2 dan telah di launching oleh Bupati Mojokerto, Hj. dr. Ikfina Fahmawati, M.Si. pada hari Senin, tanggal : 30 Nopember 2023 yang lalu.

Untuk memastikan bahwa dana yang diterima telah dipergunakan sesuai dengan Petunjuk Teknis Operasional dan telah dibuat Laporan Pertanggung Jawabannya, maka pada pada hari ini Selasa (12/12/23), Tim dari DPMD Propvinsi Jawa Timur yang terdiri dari Gorby Martapura, S.STP, M.A.P, Achmad Chamim, SE dan Adieb Wirahusnawan (Konsultan) didampingi oleh Hadi Purnomo dari DPMD Kabupaten Mojokerto melakukan Monitoring dan Evaluasi di Desa Kedungmaling.

"Kami datang tidak untuk mencari-cari kesalahan, namun memastikan bahwa anggaran telah digunakan sesuai rencana dengan LPJ yang lengkap. Kalaupun ditemukan kekurangan dan kesalahan, kita lengkapi dan betulkan bersama-sama" kata Gorby dalam sambutan sebelum Monev dilaksanakan.

Sementara itu Adieb menyampaikan "Setelah kita evaluasi maka LPJ harus segera di upload di aplikasi EMKP dan akan kita bantu sampai selesai upload".

Edy Prabowo, Kades Kedungmaling mengucapkan terima kasih atas kunjungan DPMD Provinsi dan Kabupaten untuk melakukan monev agar tidak timbul permasalahan dikemudian hari. "Kesalahan kadang bukan karena kesengajaan, namun karena ketidak mengertian ataupun kesalahan menafsirkan aturan oleh karena itu kami mohon koreksi dan bimbingan dari Tim" dalam sambutannya.

Setelah memeriksa semua berkas yang telah dibuat Tim Kerja di Ruang Pelayanan "Said Mansyur" Desa Kedungmaling, monev dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di RW 2. (ed).